Kesetaraan Laki-laki dan Perempuan (Silabus PAK Kelas X Semester 1) - Perangkat Mengajar Katolik SMA/SMK

Kesetaraan Laki-laki dan Perempuan (Silabus PAK Kelas X Semester 1)

Salam jumpa lagi, pada kesempatan ini saya akan membagikan model silabus pembelajaran. Sebagai guru yang mengasuh mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti, sudah pasti saya harus mempersiapkan diri secara baik. Salah satu persiapan saya sebagai guru adalah menyusun atau membuat silabus pembelajaran.

Silabus yang saya susun ini tentu saja disesuaikan dengan kompetensi keilmuan yang saya miliki, yakni Pendidikan Agama Katolik. Berbeda dengan silabus yang saya bagikan sebelumnya, di mana saya menyusun silabus perpokok materi atau pertemuan. 

kesetaraan

Dalam silabus yang saya susun kali ini merangkum dua materi ajar yakni materi tentang "Mengembangkan Karunia Allah" dan materi tentang "Kesetaraan Laki-laki dan Perempuan".  Silabus selengkapnya bisa dilihat pada tabel berikut:



SATUAN PENDIDIKAN  :  .................................
KELAS/SEMESTER    : .................................
TAHUN PELAJARAN    : ...................................
Kompetensi Inti (KI)
KI 1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 Mengembangkan   perilaku  (  jujur,  disiplin,  tanggungjawab,  peduli,   santun,  ramah  lingkungan,Gotong  royong,  kerjasama, cinta  damai,  responsif  dan  pro-aktif)  dan menunjukan   sikap  sebagai bagian dari  solusi  atas  berbagai  permasalahan  bangsa  dalam  berinteraksi secara  efektif  dengan lingkungan   sosial  dan  alam    serta  dalam  menempatkan  diri   sebagai  cerminan  bangsa   dalam pergaulan dunia
KI 3 Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural  dalam  ilmu  pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan,  kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk  memecahkan masalah.
KI 4 Mengolah,  menalar,  dan   menyaji    dalam   ranah   konkret   dan   ranah   abstrak   terkait   dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
Materi
Pembelajaran
Ruang Lingkup
Nilai Karakter
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1.               Bersyukur kepada Allah atas  keberadaan dirinya  dengan segala kemampuan dan  keterbatasannya.

2.1.Bertanggungjawab dalam menerima  diri  dengan segala kemampuan dan keterbatasannya.

3.1. Memahami diri yang memiliki kemampuan dan keterbatasan

4.1. Melakukan aktivitas  (misalnya menuliskan refleksi/ menuliskan doa/menuliskan puisi)  yang berkaitan dengan  kemampuan dan  keterbatasannya.

Mengembangkan karunia Allah

Pribadi
1. Religius
2. Nasionalis
3. Integritas
4. Mandiri
5. Gotong
    Royong

· Menyimak kisah Irene Kharisma Sukanda
·     Menanya hal-hal yang berkaitan dengan kisah Irene Kharisma Sukandar, misalnya: hal apa yang menarik dari kisah Irene? Mengapa dia bisa sukses? Bagaimana sikapnya dalam menghadapi kesulitan atau tantangan ?
·     Mengidentifikasi kemampuan dan keterbatasan dirinya, sikap dalam menghadapi keterbatasan dan kemampuan, upaya yang telah dilakukan dalam mengembangkan kemampuan
·     Menggali informasi tentang kemampuan dan keterbatasan dengan membaca kisah Lena Maria.
·     Mencari dari berbagai sumber kisah-kisah orang yang mencapai sukses, sekalipun memiliki keterbatasan
·    Mendalami dan merumuskan pesan kutipan Matius 25:14-30 tentang panggilan untuk mengembangkan talenta
·    Membandingkan sikap dan tindakan yang selama ini dilakukan terhadap kemampuan dan keterbasatan yang dimiliki dengan pesan Kitab Suci yang didalami.
·    Mempertajam hasil perbandingan dengan merefleksikan “Kisah Pensil”
·    Merumuskan kesimpulan menyeluruh dalam bentuk refleksi tertulis
·    Mengungkapkan hasil refleksi dalam bentuk doa tertulis
·     Mensharingkan hasil refleksi  dalam kelompok
·     Memajang doa tertulis pada tempat yang disediakan

1. Penilaian  Sikap    (Observasi dan    Penilaian diri)
2. Penilaian    Pengetahuan  (Tes Tertulis,    Tes lisan dan     penugasan)
3. Penilaian    Keterampilan    (Unjuk Kerja/    Produk/proyek/    portofolio )  





1.Mat 25:14-30

2. Kementerian Pendidikan dan    Kebudayaan. 2017. Pendidikan   Agama Katolik dan Budi Pekerti   Buku Guru Kelas X. Jakarta:
   
3. Kementerian Pendidikan dan    Kebudayaan. 2017. Pendidikan    Agama Katolik dan Budi Pekerti    Buku Siswa Kelas X. Jakarta:
 
4. Pengalaman Iman Guru dan    Siswa

1.2.                Bersyukur kepada  Allah yang menciptakan dirinya  sebagai perempuan atau laki-laki yang saling melengkapi dan sederajat.

2.2. Santun sebagai perempuan atau laki-laki yang saling melengkapi dan sederajat

3.2. Memahami jati diri sebagai perempuan atau laki-laki yang saling melengkapi dan sederajat

4.2.  Melakukan  aktivitas (misalnya menuliskan refleksi/puisi/doa) tentang jati dirinya sebagai perempuan atau laki-laki yang saling melengkapi dan sederajat



Kesetaraan laki-laki dan perempuan






Pribadi

1. Religius
2. Nasionalis
3. Integritas
4. Mandiri
5. Gotong
    Royong

·     Menyimak artikel  berjudul: “Adat Mengkondisikan Perempuan Di Bawah Pria ”
·       Menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan artikel berjudul: “Adat Mengkondisikan Perempuan Di Bawah Pria” , misalnya: Hal apa yang menggambarkan ketidaksederajatan antara perempuan dan laki-laki? Bagaimana tanggapanmu sendiri tentang artikel tersebut?
·       Menceritakan pengalaman atau pemahaman sendiri tentang kenyataan kesederajatan atau ketidaksederajatan antara perempuan dan laki-laki
·     Mengumpulkan informasi dari sumber tentang pandangan masyarakat berkaitan dengan kesederajatan atau ketidaksederajatan perempuan dan laki-laki
·     Mencari tokoh-tokoh yang memperjuangkan kesederajatan perempuan dan laki-laki
·     Mencari informasi tentang bentuk-bentuk kesederajatan perempuan dan laki-laki
·     Menggali pesan kutipan Kitab Suci Kejadian 2: 18 – 23 dalam kaitan dengan kesederajatan perempuan dan laki-laki
·     Membandingkansikap masyarakat umum tentang kesederajatan, dengan sikap yang seharusnya dikembangkan berdasarkan ajaran Kitab Suci
·     Merumuskan kesimpulan yang memuat gagasan tentang: 1)pengertian bahwa perempuan dan laki-laki sederajat  2) alasan perempuan dan laki-laki sederajat  3) Sikap dan tindakan yang perlu dikembangkan dalam mengembangkan kesederajatan antara perempuan dan laki-laki
·     Mengungkapkan kesimpulan dalam bentuk doa atau puisi tertulis
·     Memajang doa atau puisi tertulis pada tempat yang disediakan

1. Penilaian  Sikap    (Observasi dan    Penilaian diri)
2. Penilaian
    Pengetahuan  (Tes Tertulis,    Tes lisan dan     penugasan)
3. Penilaian    Keterampilan    (Unjuk K erja/    Produk/proyek/     portofolio )  



5 x45 Menit
( 3 x 45 menit JP + 2 x 45 menit UH)

1.Kej 2:18-23; Kej 5:18-23

2. Kementerian Pendidikan dan    Kebudayaan. 2017. Pendidikan    Agama Katolik dan Budi Pekerti    Buku Guru Kelas X. Jakarta:
   
3. Kementerian Pendidikan dan    Kebudayaan. 2017. Pendidikan     Agama Katolik dan Budi Pekerti    Buku Siswa Kelas X. Jakarta:
 
4. Pengalaman Iman Guru dan    Siswa

   Mengetahui                                                                                                                                                               ............................
   Kepala Sekolah,                                                                    Pengawas Pendidikan Agama Katolik                        Guru Mata Pelajaran


   ..............................                                                                 ..........................                                                          ..............................
   NIP. ......................                                                                 NIP. ..................                                                           NIP. ......................

Demikian salah satu contoh silabus Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti. Tentu silabus ini bukanlah satu-satunya silabus yang tersempurna. Namun tidak salahnya jika hal ini bisa dijadikan referensi.

Akhir kata semoga silabus ini bermanfaat bagi semua orang yang berkecimpung di dunia pendidikan. Terima kasih. Salam.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kesetaraan Laki-laki dan Perempuan (Silabus PAK Kelas X Semester 1)"

Posting Komentar