Manusia Pribadi yang Unik (Silabus PAK X Semester 1)
SATUAN PENDIDIKAN
: ......................................
KELAS/SEMESTER : ......................................
TAHUN
PELAJARAN : ......................................
Kompetensi Inti (KI)
KI 1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 Mengembangkan perilaku ( jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,Gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Ruang Lingkup
|
Nilai Karakter
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1.
Bersyukur kepada Allah atas keberadaan dirinya dengan segala kemampuan dan keterbatasannya.
2.1.Bertanggungjawab dalam
menerima diri dengan segala kemampuan dan
keterbatasannya.
3.1.
Memahami diri yang memiliki kemampuan dan keterbatasan
4.1. Melakukan aktivitas
(misalnya menuliskan refleksi/ menuliskan doa/menuliskan puisi) yang berkaitan dengan kemampuan dan keterbatasannya.
|
Manusia, Pribadi yang Unik
|
Pribadi
|
1. Religius
2. Nasionalis
3. Integritas
4. Mandiri
5. Gotong
Royong
|
* Menuliskan
ciri-ciri yang ada pada dirinya baik menyangkut ciri-ciri fisik, sifat/
kebiasan baik dan buruk
· Meminta bantuan teman untuk menyebutkan/ menuliskan ciri-ciri yang ada pada dirinya agar makin lengkap
· Mengamati ciri-ciri yang ada pada dirinya, kemudian
membandingkanya dengan ciri-ciri yang dimiliki temannya
* Menanya
tentang hal-hal yang berkaitan dengan ciri-ciriyang dimiliki tiap pribadi, misalnya:
- Mengapa setiap orang berbeda secara fisik maupun psikologis
- Mengapa Tuhan menciptakan manusia berbeda-beda
· Mengumpulkan informasi berkaitan dengan sikap yang sering muncul
menghadapi keunikan diri, misalnya dengan menyimak dan menyimpulkan dari
artikel “Gadis Muda Bunuh Diri Karena Hasil Operasi Plastik Jelek “.
· Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber hal-hal yang berkaitan dengan
keunikan diri.
· Merumuskan pesan dari kutipan Kitab Suci (Kej 1:26-31) tentang keluhuran
manusia sebagai pribadi yang unik.
· Membandingkan pemahaman dirinya tentang keunikan selama ini dengan
pemahaman yang terdapat dalam pesan Kitab Suci.
· Memperdalam pemahaman tentang keunikan diri dengan menyimak puisi dari Douglas Mallock yang berjudul
“Be The Best, Jadilah Diri Sendiri yang Terbaik”
· Merumuskan kesimpulan dalam bentuk refleksi tertulis yang memuat
gagasan-gagasan penting yang ditemukan dalam pembelajaran, dan niat yang akan
dilakukan dalam mengembangkan keunikan diri.
·
Merumuskan kesimpulan dalam bentuk gambar/ symbol diri
·
Mensharingkan hasil refleksi dalam kelompok.
·
Memajang gambar/ simbol diri di tempat yang disediakan.
|
1. Penilaian Sikap (Observasi dan Penilaian diri)
2. Penilaian Pengetahuan
(Tes tertulis, Tes lisan
dan penugasan)
3. Penilaian Keterampilan
(Unjuk Kerja/
Produk/proyek/
portofolio )
|
8 x45 Menit
(6 x 45 menit JP + 2 x 45 menit UH)
|
1. Kej 1:26-31; Mzm 139
|
2. Kementerian Pendidikan
dan
Kebudayaan. 2017. Pendidikan
Agama Katolik dan Budi
Pekerti
Buku Guru Kelas X. Jakarta:
3. Kementerian Pendidikan
dan
Kebudayaan. 2017. Pendidikan
Agama Katolik dan Budi
Pekerti
Buku Siswa Kelas X. Jakarta:
4. Pengalaman Iman Guru dan
Siswa
|
|||||||
0 Response to "Manusia Pribadi yang Unik (Silabus PAK X Semester 1)"
Posting Komentar