Bersikap Kritis dan Bertanggung Jawab Terhadap Pengaruh Media Massa (Silabus PAK X Semester 1)
Satuan pendidikan : .................................
Kelas/semester : .................................
Tahun pelajaran : ...................................
Kompetensi
Inti (KI)
KI 1 Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
KI 2 Mengembangkan perilaku ( jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,Gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Ruang Lingkup |
Nilai Karakter |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
1.5. Bersyukur kepada Allah atas kemampuan bersikap
kritis terhadap perkembangan mass media, ideologi dan gaya
hidup. 2.5. Bersikap kritis terhadap pengaruh
mass media, ideologi dan gaya hidup yang berkembang 3.5.Memahami perlunya sikap
kritis dan bertanggung-jawab terhadap pengaruh mass media, ideologi
dan gaya hidup yang berkembang 4.5. Melakukan aktivitas (misalnya menulis
refleksi/puisi/doa) ) tentang sikap kritis dan bertanggungjawab terhadap
pengaruh mass media, ideologi dan gaya hidup yang berkembang. |
Bersikap
kritis dan bertanggung jawab terhadap pengaruh media massa |
Pribadi |
1. Religius 2. Nasionalis 3. Integritas 4. Mandiri 5. Gotong Royong |
·
Mengamati
beberapa gambar/ foto yang memperlihatkan keasyikan remaja menggunakan
berbagai sarana media massa. ·
Menyimak
artikel berjudul: “Remaja korban Media, betulkah?” ·
Menanyakan
hal-hal yang berkaitan dengan gambar/ foto yang diamati, misalnya: Situasi
apa yang hendak dilukiskan oleh gambar/ foto-foto yang kamu amati? Apakah
situasi tersebut sudah menjadi gejala umum di lingkunganmu?Apa itu media
massa? ·
Menanyakan
hal-hal yang berkaitan dengan gambar/ artikel yang dibaca, misalnya: gagasan
penting apa yang diungkapkan dalam artikel tersebut? ·
Menyampaikan
pandangan dan pengalaman sendiri dalam menggunakan media-massa ·
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentang jenis media massa yang ada dalam
masyarakat; dampak positif dan negatif media massa, contoh kasus remaja
korban media, kiat menggunakan media massa secara bijak. ·
Mengumpulkan
informasi tentang ajaran Gereja berkaitan dengan sikap kritis dan bertanggung
jawab terhadap pengaruh media massa, dengan mendalami dekrit Inter Mirifica,
art. 9 dan 10 dan ajakan pimpinan Gereja ·
Menuliskan
gagasan-gagasan baru yang diperoleh dalam proses pembelajaran ·
Membandingkan
atau menilai sikap dirinya selama ini dalam menggunakan media –massa dengan
gagasan baru yang diperoleh dalam proses pembelajaran ·
Menuliskan
niat yang akan dilakukan dalam bersikap terhadap media-massa ·
Menuliskan
refleksi tentang bersikap kritis dan
bertanggung jawab serta bijak terhadap pengaruh media massa. ·
Menulis
motto hidup berkaitan dengan pengaruh
media massa pada era digital saat ini, misalnya “No Signal, Life Go On”. ·
Mensharingkan
hasil refleksi dan niat yang akan dilakukan kepada temannya ·
Memajang
motto yang telah dibuat |
1. Penilaian Sikap (Observasi dan enilaian diri) 2. Penilaian Pengetahuan (Tes Tertulis, Tes lisan dan penugasan) 3. Penilaian Keterampilan (Unjuk Kerja/ Produk/proyek/ portofolio ) |
11 x 45 Menit (9 x 45 menit JP + 2 x 45 menit UH |
1.Mrk 2:23-28; GS art. 16 2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Buku Guru Kelas X. Jakarta: 3. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Buku Siswa Kelas X. Jakarta: 4. Pengalaman Iman Guru dan Siswa |
|
Bersikap
kritis terhadap ideologi dan gaya hidup yang berkembang dewasa ini |
Pribadi |
1. Religius 2. Nasionalis 3. Integritas 4. Mandiri 5. Gotong Royong |
· Mengamati foto-foto yang
menggambarkan trend gaya hidup orang muda zaman sekarang · Menyimak artikel berjudul
“Fenomena K-POP”. ·
Menanya
hal-hal yang berkaitan dengan foto yang menggambarkan gaya hiduo orang muda
sekarang dan artikel berjudul “Fenomena K-POP”, misalnya: -
Gaya hidup
apa saja yang ditampilkan dalam foto maupun artikel tersebut ? -
Sejauhmana
hal tersebut terjadi dalam lingkungan sekitar? -
Apa dampak
positf dan negatif yang ditimbulkan dari gaya hidup semacam itu ? ·
Menyampaikan
pengalaman sendiri berkaitan dengan sikap dirinya terhadap gaya hidup, trend,
ideologi yang berkembang dalam kehidupan remaja zaman sekarang ·
Mengumpulkan
informasi dari buku, koran, majalah atau internet tentang berbagai fenomena/
wujud gaya hidup, trend dan ideologi
yang berkembang dalam kehidupan remaja zaman sekarang, ( gaya hidup,
misalnya: konsumeristik,hedonistik dan
materilistik; trend: pakaian, mode rambut, barang-barang yang dimiliki;
ideologi/ filosofi remaja, misalnya:
prinsip “yang penting happy”, ·
Mencari
informasi tentang sikap-sikap remaja terhadap
gaya hidup, trend, dan ideologi yang berkembang saat ini · Mencari pandangan Kitab
Suci tentang sikap kritis Yesus
terhadap ideologi, dan gaya hidup yang
berkembang pada zaman-Nya (misalnya
dalam Injil Matius 23: 1-36 dan
22: 23-33). · Membandingkan sikap, pandangan
dirinya dan remaja pada umumnya terhadap gaya hidup, trend dan ideologi
dengan ajaran Kitab Suci berkaitan dengan hal tersebut. · Merumuskan sikap baru yang perlu
diperkembangkan dalam hidup menghadapi gaya hidup, trend dan ideologi · Merumuskan kedua hal di atas
dalam bentuk refleksi tertulis · Merumuskan kesimpulan dalam bentuk Iklan yang berisi ajakan atau
pernyataan berkaitan dengan sikap kritis menghadapi gaya hidup, trend dan
ideologi · Mensharingkan hasil refleksi kepada teman-temannya · Memajang Iklan pada tempat yang disediakan |
1. Penilaian Sikap (Observasi dan Penilaian diri) 2. Penilaian Pengetahuan (Tes Tertulis, Tes lisan dan penugasan) 3. Penilaian Keterampilan (Unjuk Kerja/ Produk/proyek/ portofolio ) |
|
1.Luk 4:1-13; Mat 13:1-36 2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Buku Guru elas X. Jakarta: 3. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Buku Siswa Kelas X. Jakarta: 4. Pengalaman Iman Guru dan Siswa |
.............................. ........................................... ..............................
NIP. ...................... NIP. .................................... NIP. ......................
0 Response to "Bersikap Kritis dan Bertanggung Jawab Terhadap Pengaruh Media Massa (Silabus PAK X Semester 1)"
Posting Komentar