Hierarki dan Kaum Awam dalam Gereja Katolik (Silabus PAK Kelas XI Semester 3)
Satuan Pendidikan : ...............................
Kelas/Semester : ................................
Tahun Pelajaran : .................................
Kompetensi Inti (KI) :
KI 1 Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
KI 2 Mengembangkan perilaku (
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli,
santun, ramah lingkungan,Gotong royong,
kerjasama, cinta damai, responsif
dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan
bangsa dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam
menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metagognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Ruang Lingkup
|
Nilai Karakter
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.3.Bersyukur atas
fungsi dan peranan hierarki dan
awam dalam Gereja.
2.3.Bertanggung-jawab pada fungsi
dan peranan hierarki Gereja
3.3.Memahami fungsi dan peranan hierarki dan awam dalam Gereja Katolik
4.3. Melakukan
aktivitas (menuliskan refleksi/doa/puisi/ membuat rangkuman) tentang fungsi
dan peranan Hierarki Gereja .
|
Hierarki dalam Gereja Katolik
|
Gereja
|
1.
Religius
2.
Nasionalis
3.
Integritas
4.
Mandiri
5.
Gotong
Royong
|
·
Mengamati pemahaman tentang hierarki Gereja Katolik.
·
Menyimak artikel atau film tentang hierarki
Gereja Katolik.
· Apa makna hierarki dalam Gereja Katolik?
· Siapa saja yang termasuk dalam hierarki
Gereja Katolik (susunan hierarki)?
· Apa fungsi hierarki dalam Gereja
Katolik?
· Apa peranan hierarki?
· Bagaimana corak kepemimpinan
dalam Gereja?
· Mencari informasi tentang hierarki Gereja
Katolik dari sumber-sumber media yang credible (buku-buku referensi
tentang Gereja, dari website resmi
Gereja Katolik, atau mewawancarai
tokoh-tokoh umat yang pahan tentang hierarki Gereja. Informasi menyangkut,
makna hierraki, susunan hierarki, fungsi dan peranan hierarki serta corak
kepemimpinan dalam Gereja Katolik.
· Mencari ajaran Kitab
Suci tentang hierarki Gereja (misalnya; Yoh 21:15-19 ).
· Mencari ajaran Gereja tentang hierarki Gereja Katolik, (misalnya, LG.
art. 18, 20,22,23,27, 29, 37 dan
CD.art. 4-7). Berkaitan dengan makna
hierarki, susunan hierarki, fungsi dan peranan hierraki serta corak
kepemimpinan dalam Gereja Katolik.
· Menganalisis informasi tentang hierarki
Gereja Katolik yang telah diperoleh
dari berbagai sumber (internet,buku-buku, wawancara).
· Merumuskan ajaran Kitab Suci tentang hierarki Gereja.
· Menyimpulkan ajaran Gereja tentang hierarki Gereja Katolik.
· Mempresentasikan informasi tentang hierarki
Gereja Katolik yang telah diperoleh
dari berbagai sumber
· Mempresentasikan
ajaran Kitab Suci tentang
hierarki Gereja.
· Mempresentasikan
ajaran Gereja tentang hierarki Gereja Katolik.
·
Mensharingkan
refleksi tentang hierarki dalam
Gereja Katolik.
· Mengungkapkan doa bagi para
pimpinan Gereja; Paus, Uskup Imam dan
Diakon agar mereka setia menjalankan tugas panggilannya.
|
1.
Penilaian Sikap (Observasi dan Penilaian diri)
2.
Penilaian Pengetahuan (Tes Tertulis, Tes lisan dan penugasan)
3.
Penilaian Keterampilan (Unjuk Kerja/ Produk/proyek/ portofolio )
|
5 x 45 menit
(3 x 45 menit JP + 2 x 45 menit UH)
|
1. Yoh 21:15-19; Yoh 15:16
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Buku Guru Kelas X.1 Jakarta:
3. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Buku Siswa Kelas X1. Jakarta:
4. Pengalaman Iman Guru dan Siswa
|
Kaum Awam dalam Gereja Katolik
|
Gereja
|
1.
Religius
2.
Nasionalis
3. Integritas
4.
Mandiri
5.
Gotong
Royong
|
· Mengamati pemahaman tentang jati diri kaum awam dalam Gereja Katolik.
· Menyimak cerita,
tentang kaum awam, misalnya, cerita tentang “ Dua
Bersaudara” oleh Anthony de Mello.
· Apa makna kaum awam dalam Gereja
Katolik?
· Apa peran kaum awam?
· Apa hubungan hierarki dengan
kaum awam?
· Apa peranan kaum muda dalam
hidup menggereja?
· Mencari informasi tentang makna kaum awam peran kaum awam, hubungan hierarki dengan kaum
awam, peranan kaum muda dalam hidup
menggereja dari sumber-sumber media yang credible(buku-buku
referensi,website resmi Gereja Katolik, wawancara dengan narasumber)
· Mencari ajaran Gereja tentang kaum awam dalam Gereja Katolik, (misalnya, LG art 30, 31, 37; AA art. 2, 5, 6). Masih dalam kaitan dengan makna kaum awam, peran kaum awam, hubungan hierarki dengan kaum
awam, peranan kaum muda dalam hidup
menggereja
· Menganalisis
informasi tentang kaum awam dalam
Gereja Katolik yang telah
diperoleh dari berbagai sumber.
· Merumuskan hubungan antara Awam dan
Hierarki, serta peran masing-masing dalam hidup menggereja
· Menyimpulkan ajaran Gereja
tentang kaum awam dalam Gereja Katolik berdasarkan dokumen Gereja
yang dibaca.
· Mempresentasikan hasil informasi tentang kaum awam dalam Gereja
Katolik yang telah diperoleh dari berbagai sumber.
· Mempresentasikan makna hubungan
antara Awam dan Hierarki, serta peran masing-masing dalam hidup
menggereja.
· Mempresentasikan simpulan ajaran Gereja tentang kaum awam dalam Gereja Katolik
berdasarkan dokumen Gereja yang dibaca.
· Mengungkapkan refleksinya
tentang kaum awam dalam Gereja Katoik.
· Mengungkapkan
doa bagi tokoh-tokoh
awam Katolik, khususnya yang memiliki
posisi penting dalam masyarakat dan negara, agar mereka dapat menjadi terang
dan garam bagi dunia sehingga Yesus Kristus dimuliakan karena
perbuatan-perbuatan mereka.
|
1.
Penilaian Sikap (Observasi dan Penilaian diri)
2.
Penilaian Pengetahuan (Tes Tertulis, Tes lisan dan penugasan)
3.
Penilaian Keterampilan (Unjuk Kerja/ Produk/proyek/ portofolio )
|
5 x 45 menit
|
1.Ibr 13:1; LG art. 30, 31
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Buku Guru Kelas X.1 Jakarta:
3. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Buku Siswa Kelas X1. Jakarta:
4. Pengalaman Iman Guru dan Siswa
|
0 Response to "Hierarki dan Kaum Awam dalam Gereja Katolik (Silabus PAK Kelas XI Semester 3)"
Posting Komentar