Kitab Suci Dan Tradisi Gereja (Silabus PAK Kelas X Semster 1)
Untuk selengkapnya perhatikan tabel berikut:
SatuanPendidikan: ................................
Kelas/Semester : ................................
Tahun Pelajaran : ................................
Kompetensi Inti (KI)
KI 1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 Mengembangkan perilaku (
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli,
santun, ramah lingkungan,Gotong royong,
kerjasama, cinta damai, responsif
dan pro-aktif) dan menunjukan sikap
sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa
dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam
menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Ruang Lingkup |
Nilai Karakter |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
1.6. Beriman kepada Allah melalui
Kitab Suci dan Tradisi sebagai dasar iman kristiani. 2.6.
Responsif dan proaktif dalam mengembangkan pemahaman tentang ajaran Kitab Suci dan Tradisi sebagai dasar iman
kristiani 3.6.
Memahami Kitab Suci dan Tradisi sebagai dasar iman kristiani 4.6.Melakukan
aktivitas (misalnya menulis refleksi/ slogan/puisi/ kata bermakna) tentang
Kitab Suci dan Tradisi sebagai dasar iman kristiani |
Kitab Suci Perjanjian Lama |
Gereja |
1. Religius 2. Nasionalis 3. Integritas 4. Mandiri 5. Gotong Royong |
·
Menyimak proses terbentuknya suatu
keyakinan pada suatu suku dalam sebuah cerita legenda, misalnya: legenda Tangkuban
Parahu . ·
Menanya hal-hal yang berkaitan dengan cerita
legenda yang dibaca ·
Mengumpulkan informasi terbentuknya
keyakinan beberapa suku di Indonesia dari cerita-cerita legenda. ·
Mengumpulkan informasi tentang ajaran/nilai/norma yang
hendak diwariskan melalui cerita legenda, relevansi ajaran/nilai/norma yang
terdapat dalam cerita legenda bagi manusia zaman sekarang ·
Mencari informasi tentang proses
tersusunya Kitab Perjanjian Lama, menyangkut: pengertian tradisi lisan, tahun
penulisan, kitab-kitab Perjanjian Lama, pengelompokkan Kitab Perjanjian Lama ·
Mengumpulkan informasi tentang proses
terjadinya Kitab Suci Perjanjian Lama yang berisi ajaran iman bangsa Israel. ·
Menyimpulkan proses terjadinya Kitab
Suci Perjanjian Lama dan kedudukan Perjanjian Lama dalam iman Israel ·
Menuliskan refleksi
tentang Kitab Suci Perjanjian Lama berdasarkan teks Kitab
Kejadian 3: 6 – 10 ·
Membuat bagan penyusunan Kitab – kitab Perjanjian Lama (Perpustakaan). ·
Merencanakan niat untuk membaca Kitab
Suci Perjanjian Lama dengan baik. ·
Mensharingkan hasil refleksi atas kutipan
Perjanjian Lama ·
Memajangkan bagan Perjanjian Lama |
1. Penilaian
Sikap (Observasi dan Penilaian diri) 2. Penilaian
Pengetahuan (Tes Tertulis, Tes lisan dan penugasan) 3. Penilaian
Keterampilan (Unjuk Kerja/ Produk/proyek/ portofolio ) |
20 x 45 Menit (18 x 45 menit JP + 2 x 45 menit UH) |
1.Kej 2:7; 18;21-24;
1:1-36 2. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Buku Guru
Kelas X. Jakarta: 3. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2017.
Pendidikan Agama Katolik dan Budi
Pekerti Buku Siswa Kelas X. Jakarta: 4. Pengalaman Iman
Guru dan Siswa |
|
Kitab Suci
Perjanjian Baru |
Gereja |
1. Religius 2. Nasionalis 3. Integritas 4. Mandiri 5. Gotong Royong |
Menyimak puisi atau cerita yang mengungkapkan bahwa
pesan tertentu dapat disampaikan melalui gaya penulisan , misalnya puisi
“Untuk Sang Kekasih” dan cerita “Satu
peristiwa dua sudut pandang” Menanya
hal-hal yang berkaitan dengan pesan pokok yang mau disampaikan penulis
melalui puisi atau cerita ·
Mengumpulkan informasi tentang bentuk atau gaya sastra
yang dipergunakan dalam Perjanjian Baru ·
Mengumpulkan informasi tentang pesan pokok yang mau
disampaikan oleh penulis melalui tulisan Perjanjian baru ·
Mengumpulkan insformasi tentang arti Perjanjian baru dalam Kitab Suci Perjanjian
Baru, sejarah penulisannya, ·
Mengelompokkan isi kitab suci
Perjanjian Baru dari dari buku-buku referensi tentang Kitab Suci
Perjanjian Baru atau dari buku Kitab Suci Perjanjian Baru itu sendiri. ·
Merumuskan gagasan-gagasan pokok tentang Kitab Suci Perjanjian Baru . ·
Berlatih memahami pesan Kitab Suci Perjanjian Baru ·
Membuat pengelompokkan Kitab Suci
Perjanjian Baru. ·
Merumuskan refleksi tentang peranan
Kitab Suci Perjanjian Baru bagi kehidupan imannya ·
Membuat niat pribadi untuk membaca
kitab suci setiap hari mengikuti
bacaan-bacaan yang tertera di kalender liturgi. ·
Membuat iklan yang berisi ajakan untuk
membaca Kitab Suci Perjanjian Baru ·
Mensharingkan hasil refleksinya
tentang pernanan Kitab Suci Perjanjian Baru bagi kehidupan imannya ·
Mempresentasikan bagan pustaka Kitab
Suci Perjanjian Baru dan memajang hasilnya pada tempat yang disediakan ·
Memajang iklan tentang ajakan untuk
membaca dan mendalami kitab suci. |
1. Penilaian
Sikap (Observasi dan Penilaian diri) 2. Penilaian
Pengetahuan (Tes Tertulis, Tes lisan dan penugasan) 3. Penilaian Keterampilan (Unjuk Kerja/ Produk/proyek/ portofolio ) |
|
1.Mat 14:13-21; Luk
1:1-4; 2Yoh 5:1-5; 1Kor 4:6-21; Kis 7:54-60; Yoh 7:37-44; Luk 17:11-19 2. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2017.
Pendidikan Agama Katolik dan Budi
Pekerti Buku Guru Kelas X. Jakarta: 3. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2017.
Pendidikan Agama Katolik dan Budi
Pekerti Buku Siswa Kelas X. Jakarta: 4. Pengalaman Iman
Guru dan Siswa |
|
Tradisi |
Gereja |
1. Religius 2. Nasionalis 3. Integritas 4. Mandiri 5. Gotong Royong |
·
Mengamati salah satu tradisi yang
masih hidup dalam masyarakat, misalnya: “Upacara Syukuran Suku Dayak
Meratus” dan tradisi dalam gereja
Katolik “Jalan salib” ·
Menanya hal-hal yang berkaitan dengan
tradisi Upacara Syukuran Suku Dayak Meratus
dan Jalan salib, misalnya: tujuan tradisi itu diadakan, siapa saja
yang terlibat, jalannya upacara, mengapa masih dilakukan? ·
Mengumpulkan informasi dari berbagai
sumber tentang tradisi-tradisi yang masih hidup di daerah mereka, baik berupa
upacara atau kebiasaan ·
Mengumpulkan informasi dari berbagai
sumber tentang tradisi-tradisi yang sudah tidak dijalankan; dan mencari
alasan mengapa tradisi tersebut diringgalkan ·
Mengumpulkan informasi dari berbagai
sumber tentang tanggapan kaum muda terhadap tradisi yang ada dalam masyarakat ·
Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber aneka
tradisi dalam Gereja Katolik ·
Mengumpulkan informasi tentang
pengertian dan fungsi tradisi dalam
Gereja Katolik dan pandangan Gereja tentang tradisi ·
Membandingkan pengetahuan dan
penghayatan selama ini tentang tradisi dalam masyarakat dan tradisi dalam
Gereja dengan gagasan-gagasan baru
yang diperoleh dalam pembelajaran ·
Membuat rangkuman tertulis tentang
hal-hal baru yang diperoleh dalam pembelajaran tentang Tradisi ·
Membuat refleksi tengtang keluhuran
tradisi dalam Gereja Katolik yang perlu dihormati ·
Mensharingkan hasil refleksi dalam
kelompok |
1. Penilaian
Sikap (Observasi dan Penilaian diri) 2. Penilaian
Pengetahuan (Tes Tertulis, Tes lisan dan penugasan) 3. Penilaian
Keterampilan (Unjuk Kerja/ Produk/proyek/ portofolio ) |
|
1. Yoh 21:24-25; 2Kor
1:30; 3:16- 4:6; 1Yoh 3:2; 2Tes2:15 2. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2017.
Pendidikan Agama Katolik dan Budi
Pekerti Buku Guru Kelas X. Jakarta: 3. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Pendidikan Agama Katolik dan Budi
Pekerti Buku Siswa Kelas X. Jakarta: 4. Pengalaman Iman
Guru dan Siswa |
0 Response to "Kitab Suci Dan Tradisi Gereja (Silabus PAK Kelas X Semster 1)"
Posting Komentar