Sifat-sifat Gereja (Silabus Agama Katolik Kelas XI Semester 3)
Satuan Pendidikan : .....................
kelas/ Semester : ......................
Tahun Pelajaran : ....................
Kompetensi Inti (KI) :
KI 1 Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
KI 2 Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,Gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metagognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
CA Voice Sang Penebus Waingapu
(Dokumentasi Pribadi)
KI 4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Ruang Lingkup
|
Nilai Karakter
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1.
Bersyukur atas
sifat-sifat Gereja sebagai dasar panggilan untuk merasul dan
memperjuangkan nilai-nilai Kerajaan
Allah
2.1.
Peduli pada sifat-sifat Gereja sebagai dasar panggilan
untuk merasul dan memperjuangkan nilai-nilai Kerajaan Allah.
3.2.
Memahami sifat-sifat Gereja sebagai dasar panggilan
untuk merasul dan memperjuangkan nilai-nilai Kerajaan Allah
4.2.Melakukan
aktivitas (menuliskan refleksi/doa/puisi/ membuat kliping berita dan gambar/
membuat rangkuman) tentang sifat-sifat Gereja sebagai dasar panggilan untuk
merasul dan memperjuangkan nilai-nilai Kerajaan Allah
|
Gereja Yang Satu
|
Gereja
|
1.
Religius
2. Nasionalis
3.
Integritas
4.
Mandiri
5.
Gotong
Royong
|
·
Mengamati pemahaman
dan penghayatan pribadi akan sifat Gereja yang satu.
·
Menyimak sebuah cerita pengalaman, misalnya kisah seorang peserta “Pertemuan Kaum Muda di Roma
Tahun 1984”
· Apa arti Gereja yang satu?
· Apa hubungan kisah pertemuan kaum muda sedunia di
Roma dengan sifat Gereja yang satu?
· Apa ciri-ciri Gereja yang satu?
· Menemukan pengalaman pribadi yang berkaitan
dengan kegiatan Gereja yang bersifat satu.
· Mencari informasi di media massa (cetak dan
elektronik/digital) tentang kegiatan-kegiatan umat Katolik yang menunjukan
persatuan Gereja.
· Mewawancarai tokoh-tokoh umat yang paham
tentang sifat Gereja yang satu.
·
Mencari ajaran Kitab Suci
tentang sifat Gereja yang
satu (misalnya 1Ptr 2:5-10; 1 Kor 12:12; 2 Tim 2:22).
· Mencari informasi ajaran Gereja
dalam dokumen-dokumen Gereja
tentang sifat Gereja yang satu.
· Menganalisis informasi yang berkaitan dengan kegiatan-kegiatan umat Katolik yang
menunjukan persatuan Gereja.
· Merumuskan ajaran Kitab Suci tentang
sifat Gereja yang satu.
· Merumuskan ajaran Gereja tentang
sifat Gereja yang satu.
· Menyimpulkan hubungan antara kesatuan Gereja dengan
kesatuan iman.
· Mensharingkan
informasi yang berkaitan dengan
kegiatan-kegiatan umat Katolik yang menunjukan persatuan Gereja.
·
Mempresentasikan
refleksi tentang Gereja yang
Satu.
·
Mengungkapkan
doa untuk kesatuan Gereja.
·
Mengungkapkan
niat untuk terlibat aktif untuk mewujudkan sifat Gereja yang satu, mulai dari rumah (keluarga), lingkungan, stasi,
Paroki dan keuskupan.
|
1.
Penilaian Sikap (Observasi dan Penilaian diri)
2.
Penilaian Pengetahuan (Tes Tertulis, Tes lisan dan penugasan)
3.
Penilaian Keterampilan (Unjuk Kerja/ Produk/proyek/ portofolio )
|
16 x 45 menit
(12 x45 Menit JP + 4 x 45 menit
UH)
|
1.1Ptr 2:5-10; 1Kor 12:12;
Timoteus 2:22; Ef 4:3-6; Mat
16:16-19
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Buku Guru Kelas X1. Jakarta:
3. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Buku Siswa Kelas X1. Jakarta:
4. Pengalaman Iman Guru dan Siswa
|
Gereja Yang Kudus
|
Gereja
|
· Mengamati pemahaman tetang sifat
Gereja Kudus.
· Mendengar cerita kehidupan umat yang menunjukan sifat Gereja yang kudus
· Apa makna Gereja yang kudus
·
Apa ciri-ciri Gereja yang kudus
·
Mengapa
Gereja itu kudus?
· Mencari informasi dari sumber-sumber media yang
credible (buku-buku, internet/website
resmi Gereja Katolik, wawancara dengan narasumber) yang menjelaskan tentang
sifat Gereja yang kudus.
· Mencari informasi kegiatan-kegiatan umat Katolik
yang menunjukan perwujutan sifat
Gereja yang kudus.
· Mencari ajaran Gereja tentang
sifat Gereja yang kudus (misalnya
dalam LG artikel 8 dan 39)
· Menganalisis informasi tentang sifat Gereja yang
kudus yang telah diperoleh dari berbagai sumber media.
· Menganalisis kegiatan-kegiatan umat Katolik yang
menunjukan perwujutan sifat Gereja yang kudus.
· Menyimpulkan ajaran-ajaran Gereja
tentang sifat Gereja yang
kudus.
· Mempresentasikan informasi tentang sifat Gereja
yang kudus yang telah diperoleh dari berbagai sumber media.
· Mensharingkan kegiatan-kegiatan umat Katolik yang
menunjukan perwujutan sifat Gereja yang kudus.
· Mempresentasikan ajaran-ajaran Gereja tentang
sifat Gereja yang kudus.
·
Mengungkapkan
refleksi tentang Gereja yang
Kudus
·
Mengungkapkan
doa untuk kekudusan Gereja.
|
1.
Penilaian Sikap (Observasi dan Penilaian diri)
2.
Penilaian Pengetahuan (Tes Tertulis, Tes lisan dan penugasan)
3.
Penilaian Keterampilan (Unjuk Kerja/ Produk/proyek/ portofolio )
|
1. Ef 5:25-26; Mat 5:48; 1Yoh
2:20; Kis 10:38; Rom 1:7; Yoh
17:11
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Buku Guru Kelas X1. Jakarta:
3. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Buku Siswa Kelas X1. Jakarta:
4. Pengalaman Iman Guru dan Siswa
|
|||
Gereja Yang Katolik
|
Gereja
|
1.
Religius
2.
Nasionalis
3.
Integritas
4.
Mandiri
5.
Gotong
Royong
|
·
Menyimak tulisan yang berkaitan dengan sifat Gereja yang Katolik.
·
Melihat film yang
berkaitan dengan sifat Gereja yang Katolik.
· Apa makna sifat Gereja yang Katolik?
· Apa ciri-ciri Gereja yang Katolik?
· Bagaimana mewujudkan Gereja yang Katolik?
· Mencari informasi pemahaman tentang sifat Gereja
yang Katolik di berbagai sumber media yang credible (buku-buku, website resmi
Katolik, wawancara tokoh-tokoh umat yang paham tentang Gereja).
· Mencari informasi kegiatan-kegiatan umat Katolik
yang menunjukan sifat Gereja yang
Katolik
· Mencari informasi ajaran Gereja tentang
sifat Gereja yang Katolik
(misalnya dalam LG art 13, 23, 26)
· Menganalisis hasil informasi dari berbagai sumber
media tentang sifat Gereja yang Katolik.
· Mengaitkan hubungan antara kegiatan-kegiatan umat
Katolik dengan sifat Gereja yang Katolik
· Menyimpulkan ajaran Gereja tentang
sifat Gereja yang Katolik.
·
Menuliskan
doa bagi Gereja Katolik di seluruh dunia agar terus menjadi terang dan garam bagi
seluruh umat manusia.
· Mempresentasikan hasil informasi dari berbagai
sumber media tentang sifat Gereja yang Katolik.
· Mensharingkan apa hubungan antara
kegiatan-kegiatan umat Katolik dengan sifat Gereja yang Katolik.
· Mempresentasikan hubungan antara
kegiatan-kegiatan umat Katolik dengan sifat Gereja yang Katolik
· Mempresentasikan
ajaran Gereja tentang sifat Gereja yang Katolik.
·
Mengungkapkan
doa bagi Gereja Katolik di seluruh dunia agar terus menjadi terang dan garam bagi
seluruh umat manusia.
|
1.
Penilaian Sikap (Observasi dan Penilaian diri)
2.
Penilaian Pengetahuan (Tes Tertulis, Tes lisan dan penugasan)
3.
Penilaian Keterampilan (Unjuk Kerja/
Produk/proyek/ portofolio )
|
1. Yoh 11:52; Ibr 1:2; Kis 1:42; Yoh 18:36; Lg art.13
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Buku Guru Kelas X1. Jakarta:
3. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Buku Siswa Kelas X1. Jakarta:
4. Pengalaman Iman Guru dan Siswa
|
||
Gereja Yang Apostolik
|
Gereja
|
1.
Religius
2.
Nasionalis
3.
Integritas
4.
Mandiri
5.
Gotong
Royong
|
·
Menyimak
pemahaman tentang sifat Gereja yang apostolik.
· Apa makna Gereja yang apostolik?
· Mengapa disebut apostolik?
· Apa ciri-ciri Gereja yang apostolik?
· Apa wujud kegiatan keapostolikan Gereja?
· Mencari informasi tentang sifat Gereja yang
apostolik dari internet (website resmi Gereja Katolik), dari buku-buku
tentang Gereja, atau mewawancarai tokoh-tokoh umat yang paham tentang Gereja.
· Mencari informasi tentang kegiatan-kegiatan yang menunjukan sifat Gereja yang apostolik
·
Mencari ajaran Kitab Suci
tentang sifat Gereja yang
apostolik (misalnya; Kisah Para Rasul 2:41- 47).
·
Mencari ajaran Gereja tentang sifat Gereja yang apostolik.
· Menganalisis hasil informasi tentang sifat Gereja yang
apostolik dari di internet (website
resmi Gereja Katolik), di buku-buku tentang Gereja, atau hasil wawancara dengan tokoh-tokoh umat.
· Menganalisis
informasi kegiatan-kegiatan Gereja yang menunjukan sifat Gereja yang apostolik
·
Merumuskan ajaran
Kitab Suci tentang sifat Gereja yang apostolik.
·
Menyimpulkan ajaran Gereja tentang sifat Gereja yang apostolik.
·
Membuat refleksi tentang Gereja yang Apostolik
· Mempresentasikan hasil informasi tentang sifat
Gereja yang apostolik.
· Mensharingkan tentang kegiatan-kegiatan Gereja
yang menunjukan sifat Gereja yang
apostolik
·
Mempresentasikan
rumusan ajaran Kitab Suci tentang
sifat Gereja yang apostolik.
·
Mempresentasikan kesimpulan dari ajaran Gereja tentang sifat Gereja yang apostolik.
·
Mensharingkan refleksi tentang Gereja yang Apostolik
|
1.
Penilaian Sikap (Observasi dan Penilaian diri)
2.
Penilaian Pengetahuan (Tes Tertulis, Tes lisan dan penugasan)
3. Penilaian Keterampilan (Unjuk Kerja/ Produk/proyek/ portofolio )
|
1. Kis 2:41-47; Mat 28:19-20
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Buku Guru Kelas X.1 Jakarta:
3. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Buku Siswa Kelas X1. Jakarta:
4. Pengalaman Iman Guru dan Siswa
|
0 Response to "Sifat-sifat Gereja (Silabus Agama Katolik Kelas XI Semester 3)"
Posting Komentar