Suara Hati (Silabus PAK Kelas X, Semester 1)
Satuan Pendidikan : .................................
Kelas/Semester : .................................
Tahun Pelajaran : ...................................
Kompetensi Inti (KI) :
KI 1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 Mengembangkan perilaku ( jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,Gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Ruang Lingkup |
Nilai Karakter |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
1.4.
Bersyukur kepada Allah atas karunia suara hati untuk bertindak secara benar dan tepat. 2.4. Disiplin terhadap suara hati dan dapat bertindak secara benar dan tepat 3.4. Memahami peran dan fungi suara
hati sehingga dapat bertindak secara
benar dan tepat. 4.4. Melakukan aktivitas (misalnya
menuliskan refleksi/puisi/doa)
tentang suara hati untuk dapat bertindak secara benar dan tepat |
Suara Hati |
Pribadi |
1. Religius 2. Nasionalis 3. Integritas 4. Mandiri 5. Gotong Royong |
·
Menyimak
cerita “Pergumulan hati “ ·
Mengamati
hal-hal yang berkaitan dengan suara hati dari cerita yang disimak · Mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang
diungkapkan dalam cerita “Pergumulan hati” berkaitan dengan suara hati ·
Menceritakan
pengalaman diri sendiri berkaitan dengan pergumulan suara hati ·
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber serta memberi
penilaian sejauhmana suara hati masih berperan dalam kehidupan manusia
zaman sekarang ·
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentang pengertian suara hati, cara kerja,
alasan suara hati menjadi tumpul, cara membina suara hati ·
Mencari
ajaran Gereja tentang suara hati (misalnya dalam GS, 16), dan kutipan-kutipan
Kitab Suci yang relevan ·
Bersama
teman satu kelompok, merumuskan kesimpulan berisi gagasan-gagasan pokok yang
ditemukan dalam proses pembelajaran dalam bentuk power point ·
Merefleksikan
cerita “Kios Kejujuran”, kemudian merumuskan niat yang akan dilakukan dalam
menjaga kemurnian suara hati ·
Mengungkapkan
penghayatan tentang suara hati dengan membuat stiker, yang berisi ajakan
untuk bertindak sesuai suara hati, misalnya berbunyi “Menyontek adalah
Perbuatan Tercela Menumpulkan Suara Hati”. Atau “Menyontek adalah jalan
Menuju kursi Koruptor”. Dll. ·
Mempresentasikan
power point yang dibuat ·
Memanajng
atau menempel stiker yang dibuat pada tempat yang ditentukan |
1. Penilaian Sikap (Observasi dan Penilaian diri) 2. Penilaian Pengetahuan (Tes Tertulis, Tes lisan dan penugasan) 3. Penilaian Keterampilan (Unjuk Kerja/ Produk/proyek/ portofolio ) |
5x45 Menit ( 3 x 45 menit JP + 2 X 45 meit UH) |
1.Gs Art 16; Gal 5:16-25; Rom 8:31-38; Rom 13:1-7; 2Kor 1:12 Tit 1:15 2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Buku Guru Kelas X. Jakarta: 3. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Buku Siswa Kelas X. Jakarta: 4. Pengalaman Iman Guru dan Siswa |
.............................. .......................... ..............................
NIP. ...................... NIP. .................. NIP. ......................
0 Response to "Suara Hati (Silabus PAK Kelas X, Semester 1)"
Posting Komentar