RPP 1 yang Disederhanakan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik Kelas X
Pada kesempatan ini saya akan membagikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Agama Katolik Kelas Sepuluh berkaitan dengan materi ajar pertama yakni "Manusia Pribadi yang Unik'. RPP yang saya bagikan ini merupakan model RPP yang disederhanakan. Saya lebih memilih kata disederhanakan ketimbang kata satu lembar sebagaimana yang ramai ditulis oleh kebanyakan orang.
RPP yang desederhanakan artinya RPP ini disusun atau dibuat sesuai dengan Surat Edaran Menteri Pendidikan Nasional yang menyederhanakan jumlah komponen utama dalam RPP menjadi tiga komponen, yakni tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan assessmen atau penilaian pembelajaran. Berdasarkan ketiga komponen inilah maka saya lebih memilih kata RPP yang disederhanakan.
RPP yang saya bagikan ini tentu saja memuat tiga komponen ini. Untuk lebih lengkapnya lihatlah bagan berikut ini:
NO |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
1 |
Kegiatan Awal ·
Guru
mengucapkan salam kepada peserta didik lewat WhatsApp Group ·
Guru mengajak peserta didik lewat WhatsApp Group untuk
memulai kegiatan pembelajaran dengan Doa ·
Guru
mengajak peserta didik masuk dalam GCR lewat WhatsApp Group ·
Guru
mengajak peserta didik mengisi absen dalam GCR lewat WhatsApp Group |
20 menit |
2 |
Kegiatan
Inti · Guru mengajak masuk
peserta didik lewat WhatsApp Group untuk melihat dan
memepelajari ringkasan
materi/modul tentang Manusia Pribadi yang Unik yang sudah
dikirim oleh Guru Mata Pelajaran melalui GCR. · Guru mengajak masuk
peserta didik lewat WhatsApp Group untuk melihat dan
memepelajari ringkasan
LKPD tentang Manusia Pribadi yang Unik yang sudah dikirim oleh Guru Mata Pelajaran
melalui GCR. · Peserta didik secara mandiri
mengerjakan latihan soal tentang materi Manusia Pribadi yang Unik
lewat LKPD/modul yang sudah dikirim oleh Guru Mata Pelajaran melalui GCR. · Guru memberi kesempatan
peserta didik untuk bertanya tentang materi Manusia Pribadi yang Unik apabila mengalami kendala atau kesulitan dalam mempelajari materi dan
pengerjaan tugas. · Guru memberikan tanggapan tentang kendala atau kesulitan yang dialami
oleh peserta didik. · Guru menyampaikan secara keseluruhan peneguhan dari materi Manusia
Pribadi yang Unik |
100 menit |
3 |
Kegiatan
Akhir · Guru memotivasi peserta
didik untuk mendalami materi Manusia Pribadi yang Unik dan menyelesaikan tugas yang ada di LKPD tepat waktu. · Guru mengajak peserta didik untuk tetap menjaga
protocol kesehatan dan kebersihan serta kesehatan diri. · Guru
mengajak peserta didik untuk menutup kegiatan pembelajaran dengan Doa |
15 menit |
No |
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Waktu Pelaksanaan |
Keterangan |
1. |
Observasi |
Jurnal |
Saat pembelajaran DARING (WhatsApp dan GCR) berlangsung |
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning) |
No. |
Teknik |
Bentuk Instrumen |
WaktuPelaksanaan |
Keterangan |
1. |
Observasi |
Jurnal |
Saat pembelajaran DARING (WhatsApp dan GCR) berlangsung |
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning) |
No. |
Tek nik |
Bentuk Instrumen |
Contoh Butir Instrumen |
Waktu Pelaksanaan |
Keterangan |
2. |
Tertu lis |
Pertanyaan dan atau tugas tertulis berbentuk pilihan ganda |
Terlampir |
Setelahpembelajaran pembelajaran
DARING (WhatsApp dan GCR) selesai |
Penilaian pencapaian pembelajaran (assessment of learning) |
3. |
Penu gasan |
Pertanyaan dan atau
tugas tertulis berbentuk esei, pilihan ganda, benar-salah, menjodohkan,
isian, dan atau lainnya |
Terlampir |
Setelah pembelajaran pembelajaran
DARING (WhatsApp dan GCR) selesai |
Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning) dan sebagai pembelajaran (assessment as learning) |
No. |
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh Butir Instrumen |
Waktu Pelaksanaan |
Keterangan |
2. |
Produk |
Tugas (keterampilan) |
Terlampir |
Saat pembelajaran pembelajaran DARING (WhatsApp
dan GCR) berlangsung atau setelah
usai |
Penilaian untuk, sebagai,atau pencapaian pembelajaran (assessment for, as, and of learning) |
0 Response to "RPP 1 yang Disederhanakan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik Kelas X"
Posting Komentar