Contoh Soal US Pendidikan Agama Katolik untuk SMA - Perangkat Mengajar Katolik SMA/SMK

Contoh Soal US Pendidikan Agama Katolik untuk SMA

A. Soal Pilihan Ganda

1. Perbedaan laki-laki dan perempuan dari segi cara berpikir adalah ….

A. laki-laki bertindak spontan, sedangkan perempuan lebih berhati-hati
B. perempuan mudah tersentuh, laki-laki lebih mengendalikan diri
C. perempuan lebih konkret, laki-laki lebih obyektif
D. laki-laki lebih pada mencipta, sedangkan perempuan pada memelihara
E. perempuan lebih mengarah ke dalam dirinya, laki-laki ke luar dirinya

2. Lusia ketika berusia 19 tahun terserang penyakit menyebabkan matanya buta namun ia mampu menjadi penulis yang luar biasa. Selfi berusia 15 tahun normal secara fisik namun tidak memiliki keterampilan apapun setelah dewasa. Berta memilik suara emas. Apa yang dilakukan oleh Berta dalam mengembangkan talentanya?

A.  tidak perlu menonjolkan kelebihannya dihadapan teman-teman sebayanya
B. berlatih secara intensif agar menjadi seorang penyanyi yang sukses
C. percaya diri sehingga tidak perlu menggubris penilain dari orang lain
D. mengikuti setiap masukan teman baik positif maupun negatif
E. berbangga diri dengan kemampuan yang dimiliki

3. Salah satu gaya hidup yang berkembang dewasa ini adalah gaya hidup konsumerisme. Sikap kritis terhadap gaya hidup ini adalah...

A. memilih menjadi konsumen
B. menggunakan fasilitas negara sesuai keinginan
C. memanfaatkan alam ini sesuai kebutuhan
D. menghindari gaya hidup yang sedang berkembang
E. mengikuti semua mode dan tren yang berkembang

Anak Sekolah

4. Bila kita melakukan perbuatan baik, hati nurani memberikan pujian sehingga kita merasakan ketenangan dan kebahagiaan batin. Sebaliknya, bila kita melakukan perbuatan jahat, hati nurani akan memberikan hukuman yang membuat kita merasa bersalah dan tidak tenang. Hal ini menunjukkan peran hati nurani sebagai…
A. Indeks
B. Findex
C. Fudex
D. Petunjuk
E. Penghukum

5. Bacalah cerita berikut ini!

Banggalah kita atas prestasi yang diraih Sri Wahyuni Agustiani di ajang perhelatan akbar Olimpiade 2016 dengan meraih medali pertama bagi Indonesia. Sri Wahyuni juga pernah meraih medali perak dalam Kejuaraan Asia di Astana Kazakhstan pada Juni 2013 dengan total angkatan 176 kg, serta meraih medali emas pada SEA Games Myanmar 2013 dengan total angkatan 188 kg.

Usaha yang dilakukan oleh Sri Wahyuni Agustiani dalam kaitan memperjuangkan kesetaraan gender sebagai atlet angkat besi adalah….

A. menekuni bidang olahraga yang didominasi oleh kaum laki-laki
B. menekuni bidang olahraga yang mendatangkan penghasilan
C. membuktikan bahwa perempuan mampu menyaingi laki-laki
D. membanggakan diri karena lebih kuat daripada laki-laki
E. mengandalkan kemampuan diri sendiri untuk mencapai prestasi

6. “Bertrand Peto berhasil mengharumkan nama Manggarai, bahkan Nusa Tenggara Timur di kancah nasional sebagai penyanyi cilik dengan suaranya yang merdu. Hal ini berawal dari keisengan pamannya mengupload videonya menyanyikan lagu milik Ebied G. Ade yang berjudul “Ayah”.

Pelajaran yang dapat dipetik dari Bertrand Peto adalah....

A. keuletan dalam mengembangkan talenta
B. kemampuan dalam mencari perhatian orang lain
C. kemampuan dalam Meniru suara penyayi asli
D. kemampuan dalam menonjolkan diri
E. kemampuan dalam menampilkan diri di media sosial

7. Bacalah cerita berikut ini!

Fransita merupakan putri dari Bapak Eko dan Ibu Desi yang hidupnya sudah mulai tergantung dengan handphone. Mulai dari bangun hingga menjelang tidur, ia tidak bisa dilepaskan dari handphone. Dalam pergaulan sehari-hari, ia memiliki banyak teman     di jejaring sosial, tetapi hampir tidak pernah berkomunikasi dengan anggota keluarga. Ketika makan bersama, ia justru asyik dengan handphone sendiri.

Berdasarkan cerita tersebut, pengaruh negatif dari media massa adalah ….

A. Budaya Instan
B. Budaya Hedonistik
C. Budaya Materialistik
D. Budaya Konsumeris
E. Budaya Individualistik

8. Berikut ini yang termasuk dalam Kitab Para Nabi adalah ….

A. Yosua, Hakim-Hakim, Rut, 1 Samuel dan 2 Samuel
B. Nehemia, 1 Makabe, 2 Makabe, Tobit dan Yudit
C. Ayub, Mazmur, Amsal, Pengkotbah, dan Kidung Agung
D. Yesaya, Yeremia, Yehezkiel, Daniel dan Hosea
E. Kejadian, Keluaran, Imamat, Bilangan dan Ulangan

9. Kitab berikut yang tidak termasuk dalam kategori Kitab Suci Perjanjian Baru adalah ...

A. Yohanes
B. Kisah Para Rasul
C. Putera Sirakh
D. 1 Korintus
E. Yakobus

10. Percaya akan datangnya penghakiman di akhir zaman adalah pandangan tentang Kerajaan Allah menurut paham ....

A. Nasionalistis
B. Apokaliptik
C. Legalistis
D. Para rabi
E. Para rahib

11. Perhatikan kutipan teks berikut!

“Lalu kata Yesus kepada mereka: “Hari Sabat diadakan untuk manusia dan bukan manusia untuk hari Sabat, jadi Anak Manusia adalah juga Tuhan atas hari Sabat”. (Injil Markus 2: 27-28)

Gelar Yesus berdasarkan kutipan teks tersebut adalah ….

A. Guru
B. Tabib
C. Juru Selamat
D. Tuhan
E. Anak Manusia

12. Manfaat mendalami Kitab Suci Perjanjian Baru adalah…

A. mengenal dan semakin mengimani Kristus
B. mengetahui riwayat hidup Yesus dan para murid-Nya
C. mengetahui sejarah perjuangan bangsa Israel
D. memahami perjuangan bangsa Yahudi
E. mengenal kisah perjuangan para rasul

13. Tindakan nyata yang dapat kita lakukan sebagai perwujudan Kerajaan Allah dalam kehidupan setiap hari adalah ….

A. mencari nafhah sekuat tenaga
B. mendahulukan orang yang terpandang dan dihormati
C. prihatin terhadap masalah yang dihadapi teman
D. bangga atas keberhasilan diri sendiri
E. mengasihi dan mengampuni orang yang menyakiti kita

14. Bacalah pernyataan berikut ini!

1. Rela berbagi demi sesama
2. Menggunakan isi alam secara bebas
3. Membawa kabar sukacita bagi orang lain
4. Menjadi penyemangat bagi yang berputus asa
5. Mau memberi untuk mendapat imbalan

Contoh keterlibatan dalam karya Tri Tunggal Maha Kudus terdapat dalam nomor....

A. 1, 2, 3
B. 1, 3, 4
C. 2, 3, 4
D. 2, 3, 5
E. 2, 4, 5

15. Perhatikan contoh peran Roh Kudus berikut ini:

1. Membantu sesama dengan harapan mendapatkan imbalan atau pujian
2. Merasa digerakkan untuk membangun sesamanya sekalipun harus berkorban harta bahkan nyawa.
3. Terpanggil untuk terlibat aktif dalam kehidupan menggereja sekalipun tidak mendapatkan imbalan.
4. Menerima tawaran-tawaran duniawi karena itu lebih menyenangkan
5. Mempertahankan imannya sekalipun banyak tawaran yang menggiurkan,

Yang temasuk dalam contoh-contoh penerapan makna Pentekosta (Peran Roh Kudus) dalam kehidupan menggereja dan bermasyarakat adalah….

A. 1, 2, 3
B. 1, 2, 4
C. 1, 4, 5
D. 2, 3, 5
E. 2, 4, 5

16. Perhatikan teks Kitab Suci berikut!

“Demikian pula hal Kerajaan Surga itu seumpama pukat yang dilabuhkan di laut, lalu ngumpulkan berbagai-bagai jenis ikan. Setelah penuh, pukat itu pun diseret orang ke pantai, lalu duduklah mereka dan mengumpulkan ikan yang baik ke dalam pasu dan ikan yang tidak baik mereka buang. Demikianlah juga pada akhir zaman: Malaikat- malaikat akan datang memisahkan orang jahat dari orang benar, lalu mencampakkan orang jahat ke dalam dapur api; di sanalah akan terdapat ratapan dan kertakan gigi. (Mat.13:47-50)

Paham Kerajaan Allah yang diwartakan oleh Yesus sesuai teks di atas adalah…..

A. Kerajaan Allah akan terwujud setelah akhir jaman
B. Kerajaan Allah hadir dalam diri Yesus Kristus sebagai Mesias Utusan Allah
C. Memperjuangkan Kerajaan Allah harus dimulai dari dalam diri kita sendiri
D. Pada akhir zaman, manusia akan diadili dan dipisahkan antara yang menerima dan melakukan Kerajaan Allah dengan yang menolaknya
E. Semua orang yang sudah meninggal pada akhir jaman akan dibangkitkan untuk boleh menikmati Kerajaan Allah

17. Perhatikan teks Kitab Suci berikut!

....”Ya Bapa, ke dalam tangan-Mu Kuserahkan nyawa-Ku.” Dan sesudah berkata demikian Ia menyerahkan nyawa-Nya. Ketika kepala pasukan melihat apa yang terjadi, ia memuliakan Allah, katanya: “Sungguh, orang ini adalah orang benar!” (Bdk.Luk. 23:26- 56)

Salah satu contoh tindakan yang harus kita lakukan sebagai seorang pelajar dalam menghayati teks Kitab Suci di atas adalah…..

A. rela mati di kayu salib seperti Kristus
B. rela mati untuk membela teman yang dianiaya
C. solider membantu teman yang berkekurangan
D. berdoa bagi teman yang dirundung kemalangan
E. percaya kepada Yesus sebagai Juru Selamat

18. Gereja bersifat Katolik, artinya adalah ….

A. terbuka bagi dunia, tidak terbatas pada tempat, budaya dan golongan tertentu
B. Gereja mewartakan iman dan keselamatan pada zaman tertentu
C. Gereja diutus untuk suatu budaya tertentu
D. Gereja yang didirikan, dijiwai, bersumber dari Allah
E. Gereja bergantung pada bentuk lahiriah tertentu

19. Bacalah Kutipan teks Rom 1: 14-15 “ Aku berhutang baik kepada orang Yunani, maupun kepada orang bukan Yunani, baik kepada oang terpelajar, maupun kepada orang tidak terpelajar. Itulah sebabnya aku ingin untuk memberitakan Injil kepada kamu juga yang diam di Roma.”

Menurut Teks tersebut, tugas utama seorang uskup adalah…..

A. Menerimakan sakramen
B.Mengeluarkan surat gembala
C. Menerimakan sakramen Krisma
D. Memimpin gereja lokal
E. Mewartakan Injil

20. Martyria adalah tugas Gereja untuk ….

A. menjalin persatuan antar umat
B. melayani kaum awam di bidang kesehatan
C. menjadi saksi Kristus di tengah dunia
D. membangun kesejahteraan umat
E. menguduskan umat Allah

21. Depresi ekonomi sangat hebat terjadi tahun 1929 menggoyang dunia. Di Eropa bermunculan diktator, kebalikannya demokrasi merosot di mana-mana. Konteks zaman ini menjadi keprihatinan Gereja yang termuat dalam ensiklik yang ditulis dalam rangka peringatan 40 tahun lahirnya ensiklik Rerum Novarum. Ensiklik tersebut berjudul....

A. Pacem in Terris
B. Mater Et Magistra
C. Quadragesimo Anno
D. Populorum Progressio
E. Octogesima Adveniens

22. Kita perlu menghindari sikap diskriminatif dalam kehidupan bersama. Salah satu caranya adalah dengan....

A. Memilah-milah dalam memilih teman
B. Membatasi diri untuk bergaul dengan teman yang seiman
C. Membiasakan diri untuk belajar bersama dengan teman seasal
D. Membangun kerjasama dan dialog antar umat beragama
E.Menjauhkan diri dengan kelompok yang berbeda

23. Dalam dua tahun terakhir ini, seleksi penerimaan CPNS di negara kita diadakan secara online. Cara ini ditempuh untuk menghindari tindakan….

A. Korupsi, Kolusi dan nepotisme
B. Kolusi, Kolaborasi dan korporasi
C. Korupsi, Kolaborasi dan nepotisme
D. Nepotisme, sekularisme dan primordialisme
E. Primodialisme, kolusi dan fanatisme

24. Agus seorang pelajar dan beriman kepada Yesus. Pada bulan rosario ia rajin memimpin ibadat. Hal ini merupakan perwujudan salah satu dari tri tugas Yesus sebagai ....

A. Nabi
B. Imam
C. Raja
D. Katekis
E. Diakon

25. Contoh perwujudan sifat Gereja yang “kudus” dalam kehidupan sehari-hari adalah....

A. aktif di OMK
B. rajin berdoa
C. menjadi dirigen
D. Ketua seksi liturgy
E. menjadi lektor

26. Gereja Katolik senantiasa memperjuangkan penegakan HAM. Salah satu contohnya adalah hampir semua keuskupan memiliki komisi yang menangani penegakan HAM yakni….

A. Komisi Gender
B. Komisi kateketik
C. Komisi komunikasi sosial
D. Komisi hubungan antara agama
E. Komisi keadilan dan perdamaian

27. Makna perkawinan menurut pandangan Sosiologi adalah….

A. Suatu perjanjian
B. Persekutuan hidup
C. Ikatan kasih
D. Persekutuan cinta
E. Kebersamaan hidup

28. Keluarga merupakan suatu komunitas pribadi-pribadi yaitu suami, istri dan anak yang membentuk masyarakat dan Gereja. Semua anggota keluarga memiliki peran dan tanggung jawab dalam keluarga. Peran dan tanggungjawab tersebut dapat diwujudkan dengan cara…

A. Seorang ibu hanya bertanggungjawab membahagiakan anaknya daripada suaminya
B. Seorang ayah lebih memilih bekerja siang malam untuk mendapatkan uang daripada memperhatikan istri dan anak
C. Seorang anak menghormati orangtuanya apabila orangtuanya memenuhi segala keinginannya
D. Orangtua bertanggungjawab menyejahterakan dan mendidik anak secara jasmani dan rohani.
E. Ayah dan ibu berusaha semata-mata untuk kebahagiaan mereka dan melalaikan tugas mendidik anak.

29. Hidup membiara adalah suatu cara hidup yang mempersembahkan diri secara total kepada Tuhan yang ditandai dengan kaul kemurnian, kemiskinan, dan ketaatan. Yang dimaksudkan dengan kaul kemurnian adalah…

A. Melepaskan hak untuk memiliki harta benda dan kekayaan.
B. Memutuskan untuk taat seperti Kristus dan meletakan kehendaknya demi kerajaan Allah
C. Melepaskan haknya untuk hidup berkeluarga demi kerajaan Allah
D. Berusaha mempersatukan dirinya dengan Kristus dalam hidup doa
E. Bergantung dan berharap hanya kepada Allah.

30. Salah satu kelompok kategorial dalam Gereja adalah Orang Muda Katolik (OMK). Kewajiban OMK dalam membangun bangsa dan Negara dapat dilakukan dengan cara...

A. giat belajar dan menggunakan waktu untuk hal yang produktif
B. memilih pemimpin yang sebangsa dan seagama
C. wajib membayar pajak demi kepentingan pemimpin dan aparat
D. menghormati pemerintah yang sah dengan ikut dalam gerakan makar
E. mendahulukan kepentingan pribadi di atas kepentingan negara

31. Dalam perjalanan pulang dari sekolah, Viany menemukan dompet yang berisikan uang lima ratus ribu rupiah, KTP, dan kartu ATM. Sebagai seorang pelajar Katolik, tindakan yang harus dilakukan Viany adalah…….

A. menggunakan uang itu untuk membayar uang komite sekolah yang masih tunggak.
B. memberi uang tersebut ke panti jompo.
C. menyembunyikan dompet itu agar tidak diketahui orang
D. mengembalikan dompet beserta isinya kepada pemiliknya
E. mentraktir teman di kantin sekolah.

32. Gereja menyerukan setiap anggotanya untuk membangun dialog dengan umat beragama lain. Salah satu bentuk dialog yang perlu dikembangkan dalam kehidupan sebagai orang Katolik dengan umat Hindu sebagaimana diamanatkan dalam Dokumen Nostra Aetate artikel 2 adalah …

A. memberi paket makanan makanan pada hari raya
B. memberi ucapan selamat hari raya Nyepi
C. sharing pengalaman menolong korban bencana
D. kerja bakti membersihkan tempat ibadah
E. memberi ucapan selamat hari raya Waisak

33. Lalu kata Yesus kepada mereka: “Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah!” (Markus 12:17). Kewajiban umat Katolik dalam membangun bangsa dan negara berdasarkan teks di atas dapat dilakukan dengan cara ....

A. memilih pemimpin yang sebangsa dan seagama
B. giat belajar dan aktif mendukung pembangunan bangsa
C. giat belajar agar mampu memimpin dan menguasai orang lain
D. berani mengkritisi program dankebijakan pemerintah
E. mendahulukan kepentingan pribadi serta kepentingan umum

34. Cara menciptakan susasana keluarga yang harmonis adalah sebagai berikut, kecuali ….

A. memberi hadiah
B. memberi bimbingan
C. memberi dorongan
D. membagi pengalaman
E. membagi pekerjaan

35. Bacalah cerita berikut!

Kesaksian hidup dari almarhum Uskup Agung Oscar Romero adalah melalui khotbah- khotbahnya yang menyuarakan dukungan pada kaum miskin dan kaum tertindas pada zaman modern seperti sekarang ini. Hidupnya yang penuh pengabdian kepada umat dan masyarakatnya, khususnya kepada masyarakat kecil yang miskin dan tertindas. ia tidak segan-segan memperingatkan para penguasa negerinya (El Salvador) yang bertindak sewenang-wenang terhadap rakyat kecil yang tidak berdaya sehingga para penguasa negerinya tidak senang.
Pada tanggal 24 Maret 1980 ia ditembak oleh penembak sewaan. Ia mati saat merayakan Ekaristi dan sedang mengucapkan kata-kata konsekrasi “Inilah tubuh-Ku, yang dikorbankan bagi kamu, dan inilah darah-Ku yang ditumpahkan bagimu.”

Belajar dari kasus Uskup Agung Romero, konsekuensi untuk menjadi saksi Kristus adalah….

A. menjadi pengikut Kristus siap menerima segala resiko
B. menjadi pengikut Kristus siap dihargai dan dihormati
C. menjadi pengikut Kristus siap menerima kedudukan terhormat
D. menjadi pengikut Kristus siap menjadi pemimpin
E. menjadi pengikut Kristus siap untuk dilayani

36. Firman Tuhan tentang kewajiban beristirahat setelah bekerja berbunyi demikian: “…hari ketujuh adalah hari Sabat Tuhan, Allahmu; maka jangan melakukan suatu pekerjaan” (Kel 20:10). Pemaknaan yang cocok dengan pesan Sabda di atas adalah... .

A. sebagai citra Allah manusia harus bekerja secara terus menerus, tidak boleh beristirahat
B. sebagai citra Allah manusia dipaksa untuk bekerja secara terus menerus, meskipun perlu juga diberi kesempatan untuk beristirahat
C. sebagai citra Allah manusia dapat beristirahat secara terus menerus. Ia tidak diharuskan untuk bekerja
D. sebagai citra Allah manusia tidak dapat dipaksa untuk beristirahat. Ia harus diberi kesempatan untuk bekerja secara terus menerus
E. sebagai citra Allah manusia tidak dapat dipaksa untuk bekerja secara terus menerus. Ia juga harus diberi kesempatan untuk beristirahat

37. Perhatikan pernyataan berikut!

1. Ziarah
2. Katekese
3. Retret
4. Kotbah
5. Rekoleksi
6. Rekreasi

Pernyataan yang menunjukkan usaha-usaha mendalami Kitab Suci....

A. 1, 2, 4, 5
B. 1, 2, 3, 4
C. 2, 3, 4, 5
D. 2, 4, 5, 6
E. 3, 4, 5, 6

38. Bacalah kutipan Kitab Suci berikut!

Dan sesudah berkata demikian, berserulah Ia dengan suara keras: “Lazarus, marilah  ke luar!” Orang yang telah mati itu datang ke luar, kaki dan tangannya masih terikat dengan kain kapan dan mukanya tertutup dengan kain peluh. Kata Yesus kepada mereka: “Bukalah kain-kain itu dan biarkan ia pergi.” Banyak di antara orang-orang Yahudi yang datang melawat Maria dan yang menyaksikan sendiri apa yang telah dibuat Yesus, percaya kepada-Nya”. (Yoh. 11 : 43 – 45)

Kutipan teks Kitab Suci di atas merupakan sebagian dari kisah Yesus membangkitkan Lazarus dari kuburnya. Makna dari mujizat yang dibuat Yesus dalam kaitan dengan pewartaan Kerajaan Allah menurut kutipan teks Kitab Suci di atas adalah…….

A. Orang mati dapat dibangkitkan oleh Yesus
B. Orang percaya bahwa Yesus adalah Mesias Utusan Bapa
C. Yesus berkuasa atas kehidupan surgawi dan duniawi
D. Banyak orang bersedih atas kematian Lazarus
E. Kerajaan Allah terwujud pada akhir jaman

39. Konsili Vatikan II dalam konstitusi Pastoral Gaudium Et Spes, art. 1 antara lain berkata: “Kegembiraan dan harapan, duka dan kecemasan manusia dewasa ini terutama  yang miskin dan terlantar, adalah kegembiraan dan harapan, duka dan kecemasan murid-murid Kristus pula”. Berdasarkan bunyi dokumen di atas, dapat disimpulkan bahwa…..

A. Manusia diciptakan Tuhan sebagai makhluk sosial yang perlu diperhatikan Gereja.
B. Gereja akan selalu bersikap positif terhadap permasalahan dunia.
C. Gereja hendak menjadikan dunia miliknya dan mau bertanggungjawab penuh atas masalah dunia.
D. Gereja mempunyai perhatian dan keprihatinan terhadap dunia, yang terwujud dalam mewartakan dan memberi kesaksian tentang Kabar Gembira
E. Gereja mau mengarahkan amanatnya tidak hanya kepada warga Gereja, tetapi untuk semua manusia

40. Bacalah Teks Kitab Suci Berikut:

Dan sesudah berkata demikian, berserulah Ia dengan suara keras: “Lazarus, marilah  ke luar!” Orang yang telah mati itu datang ke luar, kaki dan tangannya masih terikat dengan kain kapan dan mukanya tertutup dengan kain peluh. Kata Yesus kepada mereka: “Bukalah kain-kain itu dan biarkan ia pergi.” Banyak di antara orang-orang Yahudi yang datang melawat Maria dan yang menyaksikan sendiri apa yang telah dibuat Yesus, percaya kepada-Nya”. (Yoh. 11 : 43 – 45)

Kutipan teks Kitab Suci di atas merupakan sebagian dari kisah Yesus membangkitkan Lazarus dari kuburnya. Makna dari mujizat yang dibuat Yesus dalam kaitan dengan pewartaan Kerajaan Allah menurut kutipan teks Kitab Suci di atas adalah…….

A. Orang mati dapat dibangkitkan oleh Yesus
B. Orang percaya bahwa Yesus adalah Mesias Utusan Bapa
C. Yesus berkuasa atas kehidupan surgawi dan duniawi
D. Banyak orang bersedih atas kematian Lazarus
E. Kerajaan Allah terwujud pada akhir jaman

B. Soal Uraian

40. Manusia diciptakan dengan kemampuan menguasai. Jelaskan 4 hal yang dimaksud dengan kemampuan mengusai sebagai keistimewaan manusia!

41. Buah-buah dari Roh adalah : kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri.Tulislah salah satu perwujudan dari buah roh kasih, damai sejahtera dan penguasaan diri!

42. Konsili Vatikan II menegaskan,: “Adapun dewan atau badan para Uskup hanyalah berwibawa bila bersatu dengan Imam agung di Roma pengganti Petrus sebagai kepala dan selama kekuasaan primatnya terhadap semua, baik para gembala maupun kaum beriman, tetap berlaku seutuhnya, Imam Agung di Roma berdasarkan tugasnya, yakni sebagai wakil Kristus dan gembala Gereja semesta mempunyai kuasa penuh, teringgi, dan  universal terhadap Gereja dan kuasa itu selalu dapat dijalankan dengan bebas”(  LG 22).

Tulislah tugas dan tanggung jawab hirarki gereja katolik berdasarkan dokumen Gereja tersebut diatas!

43. SMA Merdeka memiliki siswa yang heterogen, berasal dari berbagai suku, bangsa, ras, serta agama. Keragaman ini disikapi oleh sekolah dengan membuat sejumlah tata- aturan atau tata tertib baik berupa perintah-perintah untuk dilakukan, maupun berupa larangan-larangan untuk tidak boleh dilakukan. Tata tertib ini bersifat mengikat, diharap kansemua warga sekolah mematuhi serta menerapkannya secara teratur dan terus menerus, sehingga lama-kelamaan menjadi karakter pribadi dari setiap warganya. Terkait dengan upaya membangun karakter siswa, berilah 3 contoh upaya pembiasaan siswa yang perlu diterapkan dalam rangka mewujudkan budaya kasih di sekolahmu.

44. Dalam Mat bab 19 (ayat 4 dan 6) dikatakan: “. , Ia yang menciptakan manusia sejak semula, menjadilan mereka laki-laki dan perempuan, ... Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayah dan ibunya, dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging. Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia”. Teks kitab suci ini memberi perintah kepada baik suami maupun istri untuk saling menjaga kesucian perkawinan mereka.

Berilah 3 contoh usaha/upaya praktis yang perlu dilakukan dalam rangka menjaga kesucian perkawinan ini!


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Soal US Pendidikan Agama Katolik untuk SMA"

Posting Komentar