Soal ulangan Penilaian Tengah Semester Ganjil Agama Katolik Kelas 10
Berikut ini akan kami bagikan contoh butir soal penilaian tengah semester ganji pendidikan agama katolik untuk kelas 10. Butir soal yang dibagikan ini tentu saja tidak disertai dengan kunci jawaban. Hal ini bertujuan agar bapak dan ibu guru dan terlebih para peserta didik bisa secara proaktif untuk mencari adan menemukan sendiri jawabannya.
Selain itu sebagai guru agama katolik, soal yang sama juga yang akan saya berikan kepada peserta didik pada waktu penilaian tengah semester ganjil. Sebab jika dicantumkan kunci jawaban maka mereka akan dengan mudah menjawabnya tanpa harus susah paya untuk belajar.
Semua soal yang tercantum bersumber dari buku pegangan guru pendidikan agama katolik kelas 10. Dengan demikian akan sangat meudah menemukan jawaban dari setiap pertanyaan yang tersaji. Soal yang dibagikan ini terdiri dari dua bentuk yakni pertama pilihan ganda dan yang kedua soal uraian.
Foto oleh Zen Chung dari Pexels |
A. Pilihan Ganda (Pilihlah salah satu jawaban A, B, C, D atau E yang paling tepat!)
1. Setiap orang memilki kemampuan dan kelemahan yang dimiliki dan hal itu merupakan sesuatu yang tidak dapat diingkari. Sikap yang tepat untuk menghadapi kekuatan dan keterbatasn diri adalah ...
B. Menolak kekuatan dan menerima keterbatasan apa adanya
C. Menolak keadaan diri seutuhnya
D. Menyadari, mengerti dan menerima diri apa adanya
E. Menyadari dan tidak perlu mengerti dan menerima diri apa adanya
2. Bacalah teks Kitab Kej 1: 26 – 31 berikut!
26. Berfirmanlah Allah: “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burungburung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.”27 Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.28 Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: “Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.”29 Berfirmanlah Allah: “Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuhtumbuhan yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itulah akan menjadi makananmu. 30 Tetapi kepada segala binatang di bumi dan segala burung di udara dan segala yang merayap di bumi, yang bernyawa, Kuberikan segala tumbuh-tumbuhan hijau menjadi makanannya.” Dan jadilah demikian. 31 Maka Allah melihat segala yang dijadikanNya itu, sungguh amat baik. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari keenam.
Pesan utama yang bisa diambil dari kutipan teks Kita Suci di atas adalah ...
B. Waktu menciptakan manusia Allah seolah-olah tidak perlu “bekerja” secara khusus
C. Segala sesusatu termasuk taman Firdaus, tidak diserahkan Allah untuk manusia
D. Allah tidak memperlakukan manusia secara khusus
E. Manusia tidak dipikirkan dan direncanakan Allah
3. Bacalah kutipan kisah berikut ini:
Lena Maria adalah seorang wanita yang tangguh. Dia terlahir dengan banyak sekali keterbatasan karena cacat fisik yang dimilikinya. Ia terlahir tanpa tangan dan kaki kirinya hanya setengah dari kaki kananya. Tetapi dia tidak pernah menyerah dan selalu bersyukur atas semua yang dimilikinya. Dengan bekal mimpi, kemauan dan semangat pantang menyerah, akhirnya dia bisa mengembangkan semua talenta yang dimilikinya. Dia bisa meraih kesuksesan walaupun dengan kondisi fisik yang terbatas. Pada usia 18 tahun, ia memecahkan rekor berenang pada kejuaraan dunia. Bakatnya pada musik juga sangat luar biasa. Ia sekarang sebagai penyanyi professional.
Sikap-sikap dan upaya yang diperlukan dalam mengembangkan bakat dan kemampuan berdasarkan cerita di atas adalah ...
B. Setiap orang memiliki kekurangan dan terimalah itu dengan sikap pesimis
C. Setiap orang memiliki kemampuan yang dianugerahi Tuhan, diharapkan agar orang menjadi sombong atau takabur
D. Setiap orang memiliki keterbatasan karena itu perlu dikembangkan sikap mau bekerja keras, mau belajar dari orang lain, optimis dan tidak cepat menyerah
E. Setiap orang memiliki kemampuan dan keterbatasan dan hal itu tidak perlu disadari
4. Bacalah teks Injil berikut ini:
Sebab hal Kerajaan Surga sama seperti seorang yang mau bepergian ke luar negeri, yang memanggil hamba-hambanya dan mempercayakan hartanya kepada mereka. Yang seorang diberikannya lima talenta, yang seorang lagi dua dan yang seorang lain lagi satu, masing-masing menurut kesanggupannya, lalu ia berangkat. Segera pergilah hamba yang menerima lima talenta itu. Ia menjalankan uang itu lalu beroleh laba lima talenta. Hamba yang menerima dua talenta itu pun berbuat demikian juga dan berlaba dua talenta. Tetapi hamba yang menerima satu talenta itu pergi dan menggali lobang di dalam tanah lalu menyembunyikan uang tuannya (Mat 25: 14-18
Pesan yang dapat dirumuskan dari bancaan Injil Matius di atas adalah ...
B. Setiap orang diberi talenta oleh Tuhan dan setiap orang wajib mengembangkan dan menggunakannya sebagaimana mestinya
C. Kita tidak harus mengembangkan bakat yang kita milki karena Tuhan tidak memberikan talenta kepada manusia
D. Mengembangkan talenta sebagaimana mestinya adalah bukan panggilan dan tuntutan orang beriman kristiani
E. Allah tidak akan sedih dan kecewa jika kita memendamkan bakat dan kemampuan yang kita miliki
5. Perhatikan pernyataan berikut ini
2. Umat manusia merupakan satu kesatuan, karena mempunyai asal yang sama yaitu Allah
3. Manusia wajib mengembangkan dirinya untuk menjadi lebih sempurna
4. Semua manusia adalah saudara dan saudari di dalam Tuhan
5. Manusia mewarisi sifat-sifat Allah dan memiliki kemampuan seperti Allah
Dari pernyataan di atas, yang termasuk arti manusia sebagai citra Allah adalah …
B. 1, 2, dan 4
C. 1, 3, dan 5
D. 2, 4, dan 5
E. 3, 4, dan 5
6. Di dalam kebudayaan sebagian besar masyarakat NTT, ketika melaksanakan upacara adat, biasanya kaum perempuan selalu duduk di dapur dan tidak dilibatkan dalam pembicaraan adat. Demikian juga dalam bidang pendidikan. Kebanyakan orang tua berpikir bahwa yang menjadi prioritas dalam menempuh pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi adalah anak laki-lakinya. Selain itu, kaum perempuan juga sering mengalami kekerasan dalam rumah tangga.
Faktor penyebab perendahan martabat kaum perempuan dalam kasus di atas adalah …
B. Pandangan bahwa laki-laki lebih superior terhadap perempuan
C. Perempuan harus tunduk kepada laki-laki karena diciptakan dari tulang rusuk laki-laki
D. Budaya patriarkat yang ada dalam masyarakat
E. Budaya matrilinear yang berlangsung turun-temurun.
7. Media massa khususnya media online saat ini banyak digemari oleh para remaja. Karena media online menyediakan banyak hal, baik yang positif maupun yang negatif. Yohanes yang adalah seorang pelajar SMA Kelas X, juga menggunakan media online khususnya facebook, twitter, dan instagram. Ia membagikan video-video motivasi dan inspirasi, serta informasi-informasi sehubungan dengan pelajaran yang ia terima di sekolah. Ia juga tidak memuat status yang berbau SARA dan mengandung ujaran kebencian.
Sikap yang ditunjukan oleh Yohanes sehubungan dengan penggunaan media massa dalam cerita di atas adalah ...
B. Memahami secara lebih mendalam apa yang dilihat, didengar dan dibaca dalam media sosial
C. Mendukung tersiarnya informasi yang baik dan menghindari informasi yang buruk
D. Memanfaatkan media massa untuk mencari informasi, ilmu pengetahuan dan teknologi
E. Bertanggung jawab dan bijaksana serta kritis dalam menggunakan media massa
8. Maria mendaftarkan diri untuk mengikuti ujian masuk perguruan Tinggi Negeri. Pada saat mengikuti ujian, ia merasa kesulitan dalam menjawab soal-soal yang ada, dan ia melihat peserta lain yang ada di sekitarnya mulai mencontek. Ia mulai gelisah dan timbul keinginan dalam dirinya untuk mengikuti apa yang dilakukan beberapa temannya. Terjadi pergumulan dalam dirinya.
Sikap tepat yang seharusnya diambil oleh Maria dalam ceritera di atas adalah ...
B. Ragu-ragu atau bingung dalam mengambil keputusan
C. Mengikuti suara hatinya untuk menghindari perbuatan buruk
D. Ada pergumulan dalam dirinya sebelum melakukan sesuatu
E. Merasa senang karena ia melakukan perbuatan baik yaitu tidak mencontek
9. Bentuk-bentuk kegiatan pembinaan suara hati:
2. Melakukan refleksi
3. Mengikuti kegiatan rohani
4. Mengadakan sharing pengalaman iman
5. Melakukan konsultasi kepada pembimbing rohani
Bentuk-bentuk kegiatan pembinaan suara hati dengan mencari keterangan pada sumber yang baik adalah...
B. 1, 2, 4
C. 1, 3, 5
D. 2, 4, 5
E. 3, 4, 5
10. Contoh usaha mengembangkan kelebihan yang dimiliki adalah …
B. Membanggakan kelebihan yang sudah dimiliki
C. Merasa puas dengan kelebihan yang dimiliki
D. Berdoa dan mensyukuri kelebihan yang dimiliki
E. Memamerkan kelebihan yang dimiliki kepada orang
11. Bentuk usaha memperjuangkan cita-cita dengan tindakan konkret adalah…
B. Belajar apabila ada waktu luang
C. Belajar dan berlatih dengan tekun
D. Pasrah pada nasib
E. Ambisius tetapi malas
12. Manusia merupakan makhluk yang istimewa karena ia adalah citra Allah. Salah satu cara menerapkan keistimewaan tersebut dalam kehidupan sehari-hari adalah…
B. Bersyukur dan menghargai sesama ciptaan lain
C. Menolong sesama yang seiman
D. Bertindak tanpa berpikir
E. Mempengaruhi orang lain untuk mengikuti keinginan kita
13. Allah menciptakan pria dan wanita sederajat. Contoh tindakan yang menunjukkan kesederajatan pria dan wanita dalam kehidupan sehari-hari adalah...
B. Pria memberi wanita menerima
C. Wanita bersedia menerima setiap pemberian pria
D. Keputusan pria lebih tinggi dari wanita
E. Pria bekerja di luar rumah, wanita bekerja di dalam rumah
14. Bacalah artikel berikut dengan cermat!
Berani Ambil Sikap! Anda harus berani mengambil sikap! Jadikanlah media sebagai alat bukan tuan! Demikian penegasan ketua Komisi Sosial Konferensi Wali Gereja Indonesia (Komsos KWI) Mgr. Hilarion Datus Lega Pr. “Media bukan segala-galanya yang harus melampaui hati nurani,akal budi sehat dan kebutuhan konkret manusia yang menggunakannya. Sikap tegas ini harus diambil oleh siapa saja, termasuk kaum muda dan orang tua yang mau mendidik anak-anaknya dalam menghadapi banjir media. Tidak dapat dipungkiri kalau setiap saat informasi dari berbagai media, baik yang harum semerbak laksana melati, maupun yang berbau menusuk seperti sampah busuk, memasuki setiap rumah tangga, melalui segala macam media, dari cetak, audio visual, sampai multi media. Namun, sampah busuk itu memang tidak terpisahkan dari mawar melati tadi, karena memang pada dasarnya media seperti dua sisi mata uang. “Implikasi negatif dari media tidak dapat kita hindari. Mau atau tidak, suka atau tidak media membawa serta kaitan-kaitan seperti itu. Ia memberi contoh tayangan-tayangan di televisi yang menunjukkan kekerasan. Banyak orang menuding bahwa tawuran anak sekolah dan kebrutalan lainnya merupakan akibat dari tayangan seperti itu. Mgr. Datus mengajak semua pihak untuk tidak bersikap panic menghadapi banjir media. Yang penting adalah anak-anak harus dilatih untuk bersikap kritis dan orang tua juga harus menyediakan waktu untuk anak-anaknya.(Sylvia Marsidi: Majalah Hidup No. 21 Tahun ke-60/ 21 Mei 2006)
Penggunaan media sosial yang tepat berdasarkan artikel di atas adalah…
B. Media merupakan segala-galanya karena manusia tidak bisa hidup tanpa media
C. Selalu berlatih untuk bersikap kritis terhadap media
D. Bersikap panik menghadapi banjir media
E. Media hanya menyajikan informasi yang bermanfaat
15. Kebiasaan – kebiasaan yang membuat tumpulnya suara hati dikalangan remaja adalah...
B. Kebiasaan ABS (AsalBos Senang)
C. Praktik riba
D. Praktik kebencian
E. Kebiasaan menyogok
16. Kebiasaan – kebiasaan yang membuat tumpulnya suara hati dikalangan masyarakat adalah....
B. Kebiasaan ABS
C. Membaca kitab suci
D. Praktik kebencian
E. Kebiasaan menyogok
17. Jovan dikenal sebagai siswa yang nakal di kelasnya. Setiap hari ia bolos sekolah. Tindakan yang dilakukan Jovan adalah tindakan yang...
B. Tindakan yang menumpulkan suara hati.
C. Tindakan yang berbudi.
D. Tindakan yang semena-mena.
E. Tindakan yang merugikan diri sendiri
18. Perhatikan data berikut ini:
2. Koreksi diri atau intropeksi
3. Pengeruh pendidikan dalam keluaraga
4. Mencari keterangan pada sumber yang baik
5. Pengaruh propaganda mass media
Dari pernyataan di atas yang termasuk cara-cara membina suara hati adalah....
B. 1,2,3
C. 1,3,5
D. 2,3,4
E. 3,4,5
19. Suatu macam ideologi yang mencita-citakan suatu sistem masyarakat dimana sarana-sarana produksi di lakukan berdasarkan asas setiap anggota masyarakat dapat memperoleh hasil sesuai kebutuhan adalah idiologi...
B. Nasionalisme
C. Teokrasi
D. Komonisme
E. Liberalisme
20. Kelompok orang yahudi saleh yang menerima hukum tertulis dan lisan dengan teliti mentaati berbagai macam kewajiban, di sebut kelompok...
B. Farisi
C. Eseni
D. Lewi
E. Zelot
21. Salah satu tren dan isu yang berkembang untuk pembebasan kaum perempuan akan menjadi pembebasan umat manusia sebelumnya menuju masyarakat baru, dengan para digma baru adalah ...
B. Fluralisme
C. Isu gender
D. Isu demokrasi
E. Fundamentalisme
22. Prilaku seseorang yang di tunjukan atau di perlihatkan dalam aktivitas, minat, dan pendapatnya yang berkaitan dengan citra dan status sosialnya di sebut......
B. Gaya hidup
C. Isu
D. Sekte
E. Aliran
23. Perhatikan data berikut (untuk nomor 23-25):
2. Rezeki
3. Jaminan sosial ekonomi
4. Kedudukan
5. Kekuasaan
6. Keagungan
7. Kemewahan
8. Kesenangan
9. Kenikmatan
Cobaan atau godaan Iblis yang pertama yang ditujukan kepada Yesus adalah ...
B. 1, 3, 5
C. 2, 4, 6
D. 3, 5, 7
E. 4, 5, 6
24. Cobaan atau godaan Iblis yang kedua yang ditujukan kepada Yesus adalah ...
B. 2, 4, 6
C. 4, 5, 6
D. 5, 6, 7
E. 7, 8, 9
25. Cobaan atau godaan Iblis yang ketiga yang dialami Yesus adalah ...
B. 2, 4, 6
C. 4, 5, 6
D. 5, 6, 7
E. 7, 8, 9
B. Soal Uraian (Jawablah pertanyaan berikut secara tepat!)
26. Jelaskan arti manusia diciptakan sebagai citra Allah menurut ajaran Gereja!
27. Tulislah :
b. Contoh Sikap/tindakan apa saja yang perlu dikembangkan dalam rangka menjunjung tinggi nilai luhur martabat manusia! (minimal 10 contoh)
28. Tulislah 10 contoh tumpulnya suara hati di kalangan remaja usia pelajar!
29. Tulislah 5 contoh penggunaan media massa yang bijaksana dan tidak bijaksana!
30. Jelaskan upaya-upaya yang bisa anda lakukan untuk membina sikap kritis baik terhadap media massa maupun terhadap ideologi dan gaya hidup!
0 Response to "Soal ulangan Penilaian Tengah Semester Ganjil Agama Katolik Kelas 10"
Posting Komentar