Soal Ujian sekolah Pendidikan Agama Katolik Untuk SMA
B. mampu dalam bidang ketrampilan: misalnya; menari, olah raga, menyanyi.
C. mempunyai sifat, ramah-tamah suka mengerti.
D. mempunyai perhatian, kebapakan dan keibuan.
E. mempunyai kehebatan dalam bidang studi tertentu.
A. mengajak teman untuk bolos sekolah.
B. peduli terhadap orang lain jika menguntungkan.
C. menghormati guru dan teman seagama.
D. mengasihi sesama manusia.
E. berbicara sopan kepada guru.
3. Bacalah Teks Kitab Suci Kej. 26-27 berikut ini:
Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan buruog- burung di udara dan atas temak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi." Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan dicipakan-Nya mereka.
A. manusia memiliki keinginan yang tak terbatas
B. manusia bisa berpikir dan menentukan nasibnya sendiri
C. manusia diciptakan paling akhir dari semua ciptaan yang lain.
D. manusia memiliki kemampuan fisik dan psikis yang sempuma.
E. manusia diciptakan menurut gambar dan rupa Allah.
Foto oleh Zen Chung dari pexels.com |
A. Tuhan Allah yang mempunyai kuasa Mencipta.
B. Malaikat yang diberi daya menjaga manusia.
C. Roh kudus roh pemersatu.
D. Kuasa yang nyata di dunia.
E. Sesuatu yang mempunyai kekuatan besar.
Pesan teks Kitab Suci tersebut adalah ...
A. manusia diciptakan Allah sama dalam segala hal
B. manusia adalah makhluk yang memiliki identitasnya masing-masing.
C. Allah menghendaki manusia untuk saling membantu sama lain.
D. Allah menghendaki manusia untuk bersatu seperlunya.
E. Allah menghendaki persatuan sejati dalam Kristus..
6. Bacalah kutipan teks Goudium etSpes art 16 berikut ini.
'Di lubuk hati nuraninya, manusia menemukan hukum, yang tidak diteimanya dai dirinya sendiri, melainkan harus ditaati. Suara hati itu selalu menyerukan kepadanya untuk mencintai dan melaksanakan apa yang baik, dan menghindari apa yang jahat. Bilamana perlu, suara itu menggemakan dalam lubuk hatinya: jalankan ini, elakkan itu. Sebab dalam hatinya, manusia menemukan hukum yang ditulis oleh Allah. Martabatnya ialah mematuhi hukum itu, dafl menurut hukum itu pula ia akan diadili.
A. Melaksanakan keinginan hati nurani.
B. Memberikan perintah kepada kita.
C. Menolak sebuah pemtuan.
D. Melanggar aturan yang tidak sesuai.
E. Sebagai pedoman, pegangan dan norma untuk menil ai tindakannya.
1. Mazmur, Amsal,
2. Kqadian, Keluaran.
3. Yesaya, Yeremi4 Yehezkiel.
4. Imamat, Bilangarl Ulangan.
5. Kebij aksanaan Salomo, Sirakh.
6. Hakim-Hakim, 1 Raja-Raja,2 Raja-Raja.
A. I dan 3.
B. I dan 4.
C.2dan4.
D. 3 dan 5.
E. 4 dan 6.
I ) Devosi.
2) Syahadat.
3) Tulisan para teolog.
4) LaguJagu rohani.
5) Sakramen Ekaristi.
6) Sasra kekri stenan.
Bentuk-bentuk Tradisi resmi Gereja Katolik terdapat pada nomor ...
A. 1), 2), 3).
B. 1), 2), 5).
C. 2),3), 6).
D. 3), 4), 6).
E. 4). 5). 6).
l. Filipi.
2. Filemon.
3. Yakobus.
4. Titus.
5. Yudas.
6. Timotius.
Surat-surat Rasul Paulus yang ditujukan kepada perorangan terdapat pada nomor ...
A. 2,4 dan6.
B. 1.3 dan 5.
C. 2,3 dan 4.
D. 2, 3 dan 5.
E. 1,4 dan 6.
Teks tersebut dibawah ini untuk mengerjakan soal nomor 10 dan 1 1.
Bacalah teks kitab suci Kis.2:41-47 berikut ini:
Orang-orang yang meneima perkataannya itu memberi diri dibaptis dan pada hari itu jumlah merekaertambah kira-kira tiga ribu jiwa. 2:42 Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecabkan roti dan berdoa. 2:43 Maka ketakutanlah mereka semua, sedang rasul-rasul itu mengadakan banyak mujizat dan tanda. 2:44 Dan semua orang yang telah menjadi percaya tetap bematu, dan segala kepunyaan mereka adalah kepunyaan bersama, selalu ada dari mereka yang menjual harta miliknya, lalu membagi-bagikannya kepada semua orang sesuai dengan keperluan a masing-masing. 2:46 Dengan bertekun dan dengan sehati mereka berkumpul tiap-tiap hari dalam Bait Allah. Mereka memecahkan roti di rumah masing-masing secara bergilir dan makan bersama-sama dengan gembira dan dengan tulus hati, sambil memuji Allah. Dan mereka disukai semua orang. Dan tiap+iap hari Tuhan menambah jumlah mereka dengan orang yang diselamatkan.
A. Umat yang pasif.
B. Peran serta pemimpin umat.
C. Be{uaag bersama umat.
D. Supaya kita hidup dalam suasana damai.
E. persaudaraan dan cinta kasih sejati.
1. Mereka disukai oleh semua orang
2. Meteka menjadi hebat
3. Berkumpul Bersama di bait Allah
4. Jumlah umat bertambah
5. Memecahkan roti secara bergilir
6. Mereka menjual harta miliknya untuk kepentingan pribadi
Berdasarkan pernyataan di atas yang tidak termasuk ciri khas hidup umat perdana ...
A. Pemyataan 1,2dan4.
B. Pemyataan 1,2 dan3.
C. Pernyataan 2,3 dar' 4.
D. Pemyataan 2, 3 dan 5.
E. Pemyataan3,4 dan 6.
1 . Gereja sebagai tempat orang beribadah.
2. Gereaja sebagai persekutuan orang beriman.
3. Gereja sebagai tempat berdoa.
4. Geteja sebagai umat Allah.
Berdasarkan pernyataan diatas, arti gereja sebagai Gedung terdapat pada pemyataan . ..
A. Pemyataan 'l dan 2.
B. Pemyataan 1 dan 3.
C. Pemayataan 1 dan 4.
D. Pemyataan 2 dan 3.
E. Pemyataan 2 dan 4.
13. Perhatikan gambar berikut ini.
Gambar 1
|
B. Umat menjadi pusat/objek
C. Gereja Hierarki
D. Gereja bersifat terbuka
E. Sudah ada pembaruan dalam Gereja
1 . Kesatuan iman para angotanya
2. Kesatuan dalam pelayanan
3. Kesatuan dalam pimpinan
4. Kesatuan dalam jemaat
5. Kesatuan dalam kebakian dan kehidupan sacramental.
Dari pemyataan di atas, arti Gereja yang satu terungkap dalam pemyataan nomor ...
A. 1,2dan3
B. 1,2dan4
C. 1,3 dan 5
D. 1,3dan4
E. 1,2 dan 5
15. Bacalah dokumen Gereja berikut:
Kegembiraan dan harapan, duka dan kecemasan orang-or&rg zamansekarang, terutama kaum miskin dan siapa saja yang menderita, merupakankegembiraan dan harapan, duka dan kecemasan para murid Kristus juga. Tiada sesuatu pun yang sungguh manusiawi, yang tak bergema di hati mereka. Sebabpersekutuan mereka terdiri dari orang-orang, yang dipersatukan dalam Kristusdibimbing oleh Roh Kudus dalam peziarahan mereka menuju Kerajaan Bapa, dantelah menerima warta keselamatan untuk disampaikan kepada semua orang. Makapersekutuan mereka itu mengalami dirinya sungguh erat berhubungan dengan umatmanusia serta sejarahnya". (Gaudium et Spes (GS) artikel l)
A. keberpihakan Gereja terhadap kaum miskin dan siapa saja yang menderita sebagai saudara seiman.
B. gereja memperjuangkan kebahagiaan pemimpinnya.
C. ciri khas kehidupan jemaat perdana
D. duka dan kecemasan adalah milik kaum miskin.
E. kegembiraan dan kebahagiaan perlu perjuangan.
1. didoakan dengan hati.
2. berakar dan bertolak dari pengalaman hidup.
3. diucapkan dengan rendah hati.
4. Berdoa dengan panjang-panj ang.
5. Berdoa dengan menggurui.
Dari pemyataan di atas, syarat doa yang baik dan benar terdapat pada nomor . . .
A. 1,2 dan3.
B. 2,3 dan4.
C. 3,4 dan 5.
D. 4,5 dan 1.
E. 1,2,3,4 dan 5.
adalah defenisi dari...
A. kaum hierarki.
B. kaum klerus.
C. kardinal.
D. kaum ara.am.
E. kaum biarawan
18. Bacalah teks kitab suci Kis.2:41-47 berikut ini:
Orang-orang yang menerima perkataannya itu memberi diri dibaptis dan pada hari itu jumlah! mereka bertambah kira-kira tiga ribu jiwa. Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti v dan berdoa! Maka ketakutanlah mereka semua, sedang rasul-rasul itu mengadakan banyak mujizat dan tanda. Dan semua orang yang telah menjadi percaya tetap bersatu, dan segala kepunlaan mereka adalah kepunyaan bersama, dan selalu ada dari mereka yang menjual harta miliknya, lalu membagi-bagikanya kepada semua orang sesuai dengan keperluan e masing-masing. Dengan bertekun dan dengan sehati mereka berkumpul tiap-tiap hari dalam Bait Allah. Mereka memecahkan roti di rumah masing-masing secara bergilir dan makan bersama-sama dengan gembira dan dengan tulus hati, sambil memuji Allah. Dan mereka disukai semua orang. Dan tiaptiap hari Tuhan menambah jumlah g mereka dengan orang yang diselamatkan.
B. Hidup bagi dirinya sendiri.
C. Kepedulian social yang bersyarat.
D. Hidup berlimpah materi.
E. Hidup hemat.
A. Mewartakan Sabda Tuhan.
B. Menguduskan umat Tuhan.
C. Melakukan pelayanan sosial karitatif.
D. Memimpin liturgi dan devosi-devosi di kelompok.
E. Melayani sakramen-sakramen.
1. Pengobatan gratis.
2. Mengalar agama Katolik.
3. Kunjungan di Panti Asuhan.
4. Pendampingan katekumen.
5. Terlibat dalam kegiatan donor darah.
6. Doa bersama di lingkungan.
7. Rosario bersama untuk pelajar.
Dari contoh-contoh tugas Gereja di atas, kegiatan Diakonia ditunjukkan pada nomor...
A. 1,2,3.
B. 1,3,5.
C. 2,4,5.
D. 3,5,6.
E. 4,6,7.
Sabda Allah dalam Gere_la:
l. Sabda./pewartaan para rasul sebagai daya yang membangun Gereja.
2. Sabda/ pewartaan dalam bentuk digital / aplikasi
3. Sabda dalam Kitab Suci sebagai kesaksian normatif.
4. Sabda Tuhan dalam bentuk aplikasi di-HP yang mudah dibawa
5. Sabda Allah dalam pewartaan actual gereja sepanjang zaman.
Dari pemyataan diatas yang termasuk dalam bentuk-bentuk sabda Allah dalam Gereja katolik yang
ditunjuk pada nomor ...
A. 1, 2 dan 3.
B. 1, 3 dan 5.
C. 2, 3 dan 6.
E. 3, 4 dan 5.
Tindakan membangun Gereja seperti yang dilakukan Pak Lukas dalam kisah tersebut adalah ...
A. memimpin doa.
B. menjadi seksi pewartaan lingkungan.
C. menjadi prodiakon paroki.
D. menjadi ketua lingkungan.
E. menjadi anggota dewan paroki.
A. sipil daa politik.
B. ekonomi dan sosial.
C. sosial dan budaya.
D. pendidikan dan budaya.
E. kesehatan dan Pendidikan.
kebebasan berpikir dan menyatakan pendapat. Contoh usaha unhrk memperjuangkan hak kebebasan
berpikir dan menyatakan pendapat adalah ...
A. Berani memberi masukan dan saran dalam pertemuan/mpat.
B. Berusaha memenangkan gagasan dalam setiap pertemuan.
C. Bebas menyampaikan gagasan apa saja di media social.
D. Berani menegur teman yang berbeda pendapat.
E. Memilih diam untuk menghindari konflik.
A. A.Ajaran im an Gereja.
B. Ajaran Sosial Gereja.
C. Ajaran agama Katolik.
D. Aiaran kistiani.
E. Ajaran Kitab Suci.
dihargai adalah...
A. Pembunuhan dan Pembantaian manusia.
B. Pengguguran kandungan.
C. Perbuatan yang menyeiamatkan sesame dari bahaya maut.
D. Tindakan yang menekan hidup manusia.
E. Tindakan yang membahayakan kehidupan manusia.
1. Kebersamaan Abadi Yang Tidak Akan Hancur.
2. Sebuah tradisi rohani.
3. Kejayaan dan Kekuatan.
4. Peristiwa yang tidak terlupakan.
5. Kesatuan Yang Saling Melengkapi. ' 6. Simbol kebahagiaan dan kenangan.
7. Bukti Cinta Tanpa Akhir dan Sebuah Komitmen.
Dari beberapa makna simbol cincil diatas,yang merupakan makna dari cincin nikah adalah ...
A. 1, 2, 3 dan 4.
B. 1, 2, 4 dan 5.
C. 1, 3, 4 dan 6.
D. 1, 3, 5 dan 7.
E. 1, 4, 5 dan 7.
A. Kemesraan.
B. Pertengkaran.
C. Percekcokan.
D. Perjuangan.
E. Perbedaan.
lepas. Symbol tersebut memberi arti:
1. Perkawinan sudah pasti mulus tanpa rintangan.
2. Kebahagiaan dalam berumah tangga perlu perjuangan.
3. Perkawinan penuh dengan penderitaan.
4. Dalam perkawinan perlu ada nahkoda untuk mengemudi.
5- Perkawinan melibatkan Tuhan sebagai nahkoda utama.
6. Perkawinan ibarat kapal pasiar.
Gambar di atas, yang merupakan makna perkawinan ditunjuk dengan nomor...
A. 1,2 dan 3.
B. 1, 3 dan 4.
C. 2,4 dan5.
D. 3,4 dan 5.
E. 1,3 dan 5.
A. A.Membantu satu sama lain menuju kebahagiaan dinia dan akhirat.
B. Sebagai pemenuhan kebutuhan seks.
C. Membentuk keluarga yang bahagia, tetap dan sejahtera.
D. Terjalinnya ikatan batin antara suami dan istri.
E. Melanjutkan keturunan.
1. Melepaskan diri dari harta duniawi
2. Mombatasi kebebasan
3. Memilih untuk hidup tidak menikah
4. Memilih hidup sederhana
Makna kaul kemiskinan terdapat pada pemyataan nomor ...
A. 1 dan 2
B. l dan 3
C. 2 dan 4
D. 2 dan 3
E. 1 dan 4.
- Suster Maria memberikan uang yang diterimanya kepada pemimpin biara untuk digunakan bersama.
- Bruder Philip mendonasikan harta warisan dari orangtua kepada Gereja.
- Romo Sepianus berkomitmen untuk tidak menerima pemberian barang-barang mewah dari siapapun.
- Suster Mila menyatakan kesediaannya untuk melayani di suku Komoro.
- Suster Ckistania memberikan cintanya yang tulus hanya untuk Tuhan.
A. 1,2 dan 3.
B. 2,3 dan 4.
C. 3,4 dan 5.
D. 1, 3 dan 4.
E. 2, 4 dan 5.
Ada orang yang tidak dapat kawin karena ia memang lahir demikian dari rahim ibunya, dan ada orang yang dijadikan demikian oleh orang loin, don ada orang yang membuat dirinya demikian karena kemauannya sendiri oleh karena keerajaan surga. Siapa yang dapat mengerti hendaklah ia mengerti (Mat l9:12). Pesan yang bisa dipetik dari teks Kitab Suci di atas dalam kaitan dengan panggilan hidup membiara adalah...
A. Orang memilih hidup membiara dan tidak kawin oleh karena kemauan sendiri demi diri sendiri.
B. Orang memilih hidup membiara karena hidup berkeluarga jelek dan tidak bemilai.
C. Orang memilih hidup membiara karena kemauan diri sendiri demi kerajaan Surga.
D. Hidup berkelurga lebih bermartabat dari pada hidup membiara.
E. Memilih hidup membiara untuk sementiua waklu sambil berjuang menemukan jodoh yang sepadan.
1. Kemiskinan.
2. Pewafiaan.
3. Pelayanan.
4. Kemumian.
5. Ketaatan.
6. Kekudusan.
Dari pemyataan di atas, yang tetmasuk kaul-kaul bagi kaum biarawanlbianwati ...
A. 1, 2 dan 3.
B. 1, 3 dan 4.
C. 1, 4 dan 5.
D. 1, 5 dan 6.
E. 1, 4 dan 6.
disebut antara lain:. . .
- Doa dapat membuat orang kaya.
- Doa dapat menjadi daya dorong bagi kita untuk beke{a lebih tekun, lebih tabah dan tawakal.
- Doa dapat memumikan pola kerja, motivasi dan orientasi kerja kita, apabila sudah tidak terlalu mumi lagi.
- Doameninabobokanorang/manusia
- Doa dapat menj adikan kerja manusia mempunyai aspek religius dan adikodrati,
A. 2, 3 dan 5.
B. 1, 2 dan 4.
C. 3, 4 dan 5.
D. 1, 2 dan 4.
E. 2, 4 dan 5.
- bekerja dipandang sebagai pengerahan tenaga untuk menghasilkan sesuatu yang diperlukan atau diinginkan oleh seseorang atau masyarakat.
- Kerja, selain sebagai usaha untuk memenuhi kebutuhan sendiri, sekaligus juga mengarah kepada pemenuhan kebutuhan masyarakat.
- Kerja memungkinkan manusia untuk membina dan membentuk diri dan pribadinya.
- Dengan bekerja manusia lebih menyempumakan dirinya sendiri.
- Kerja merupakan kegiatan insani yang ada dalam diri manusia sebagai makhluk yang berakal budi.
A. 1.
B. 2.
C. 3.
D. 4.
E. 5.
A. antropologis.
B. sosiologis.
C. ekonomis.
D. materialisme.
E. produksi.
A. memilh milih pekerjaan.
B. menghina pekerjaan kasar.
C. pengaturan waktu yang berimbang.
D. suka mencari yang mudah.
E. tidak jujur, disiplin,tidak bertanggungtrawab.
Tidak sangka Anton diterima bekerja pada kantor pemerintah di kota kecil. Anton menyadari banyak
hal berbeda akan dialaminya, kedua orang tuanya memberi kepercayaan padanya. Anton memutuskan
menerima pekerj aan tersebut.
Berdasarkan cerita di atas tujuan Alton menerima pekerjaan tersebut adalah ....
A. memaj ukan teknologi.
B. menyempumakan diri.
C. memajukan kebudayaan.
D. mengembangkan karier.
E. mencari nafkah.
A. paus menjadi sangat berkuas a dan memegang supremasi.
B. paus adalah pimpinan gereja.
C. segela perkara,/persoalan selalu ditangani oleh paus.
D. paus menjadi kepala pemerintahan .
E. paus dipilih dan diangkat oleh uskup.
1. Mengadakan doa atau ibadat bersama (ekumene).
2. Mengadakan perjamuan kudus bersama.
3. Menyelenggarakan pelayanan umum termasuk membantu bencana alam, dll.
4. Mengadakan rekoleksi dan pengakuan dosa bersama.
Dari bentuk-bentuk kerjasama di atas, bentuk dialog antara agama Katolik dengan agama Protestan
terdapat pada nomor . . .
A. 1 dan 2.
B. 1 dan 3.
C. 1 dan 4.
D. 2 dan 3.
F. 2 dan 4.
A. saling tukar mimbar dalam semangat ekumene.
B. berusaha untuk hidup rukun dan saling tegur sapa.
C. saling membagi pengalaman hidup.
D. bekerja sama demi kepentingan umum.
E. membuka hati menemukan kebenaran ajaran islam.
A. masyarakat menjunjung nilai-nilai persaudaraan, seturut ajaran agama dan budaya.
B. masyaratat mengikuti saja kemauan kelompok tertentu.
C. masyarakat memberi kesempatan kelompok tertentu untuk melakukan pelecehan terhadap
kelompok lain yang berbeda.
D. masyarakat menjunjung nilai-nilai persaudaraan yang hanya menguntungkan kelompok tertentu.
E. masyarakat masyarakat menjunjung tinggi nilainilai persaudaraan untuk menyenangkan penguasa.
A. memberi derma di gereja sebagai bentuk kepatuhan kepada allah
B. wajib membayar pajak demi kepentingan pemimpin negara dan partainya
C. menghormati pemerintah yang sah dengar tidak ikut dalam gerakan makar
D. ikut se(a dalam pembangunan negara yaitu dengan membayar pajak
E. menjadi warga negara yang 100 % katolik dan 100 % indonesia
45. Bacalah teks Kitab Suci Luk 4:18-19
Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku, le untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang."
A. membela kaum miskin apabila ada imbalannya
B. mendukung kemauan penguasa
C. menyuarakan tentang kebenaran dan keadilan
D. melarang masyarakat untuk tidak membayar pajak
E. mengajak masyarakat untuk menolak pendidikan.
Enam hari lamanya engkau akan bekerja dan melakukan segala pekerjaanmu, tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat Tuhan, Allahmu; maka jangan melakukan sesuatu pekerjaan, engkau atau anakmu laki-laki, atau anakmu perempuan, atau hambamu laki-laki, atau hambamu perempuan, atau hewanmu atau orang asing yang di tempat kecliamanmu. Sebab enam hari lamanya Tuhan menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya, dan Ia berhenti pada hari ketujuh; itulah sebabnya Tuhan memberktti hari Sabat dan menguduskannya" (Kel20:9-11).
0 Response to "Soal Ujian sekolah Pendidikan Agama Katolik Untuk SMA"
Posting Komentar