Alur Tujuan Pembelajaran Agama Katolik Fase F (Kelas XI) - Perangkat Mengajar Katolik SMA/SMK

Alur Tujuan Pembelajaran Agama Katolik Fase F (Kelas XI)

Alur Tujuan pembelajaran  (ATP) Pendidikan agama Katolik pada fase F dirancang untuk mengembangkan pemahaman dari peserta didik  mengenai ajaran Agama Katolik sekaligus menuntun mereka agar meresponsnya dalam kehidupan nyata. Alur Tujuan Pembelajaran ini tentunya mencakup  aspek-aspek yang mesti dipahami.

Tujuan Pembelajaran agama Katolik pada fase F ini yakni memperdalam pengetahuan peserta didik mengenai ajaran-ajaran pokok Gereja Katolik yang mencakup studi tentang Kitab Suci, Katekismus Gereja Katolik, serta dokumen-dokumen penting lainnya yang membentuk dasar iman Katolik. peserta didik dituntun guna menghayati secara utuh pesan-pesan teologis-moral yang termuat dalam ajaran iman Katolik.

Foto: pixabay.com

Pada fase F ini juga ditetapkan tujuan yang dapat membantu perserta didik melakukan internalisasi nilai-nilai moral Gereja Katolik dalam kehidupan konkret.Hal ini dapat memperkuat kesadaran akan keadilan sosial, tanggung jawab sosial, dan pelayanan kepada sesama sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari ajaran iman Katolik. Peserta didik didorong untuk menjawabi panggilan yakni menghayati hidupnya seturut ajaran moral Katolik dalam aneka situasi kehidupan yang dihadapi.

Tujuan pembelajaran Pendidikan Agama Katolik pada fase F ini juga melibatkan pengembangan kemampuan peserta didik dalam refleksi spiritual. Dalam konteks ini, peserta didik diminta untuk mendalami hubungan personalnya dengan sang Khalik melalui doa, meditasi, dan pengalaman imannya. Peserta didik didorong untuk mengembangkan kesadaran diri tentang kehadiran Tuhan dalam hidup mereka dan menguatkan komitmen spiritualnya.

Kemudian, Tujuan Pembelajaran pada fase ini juga mencakup persiapan peserta didik untuk berperan aktif dalam kehidupan liturgi Gereja Katolik. Hal ini berkaitan dengan pemahaman yang utuh dan mendalam tentang Ekaristi serta sakramen-sakramen dalam Gereja Katolik. Dan juga penekanan akan pentingnya partisipasi aktif dalam Komunitas Basis Grejani (KBG) sebagai perwujudan nyata akan  iman yang hidup.

Pada akhirnya, Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Katolik pada fase F juga menekankan pentingnya membangun dialog antar umat beragama. Artinya, Peserta didik diarahkan untuk mengerti nilai-nilai keimanan dari berbagai tradisi agama yang ada sambil tetap teguh dalam iman Katolik.

Secara umum, Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti pada fase F disusun sedemikian rupa guna mempersiapkan peserta didik untuk tidak hanya mempunyai pemahaman yang kokoh tentang iman katolik melainkan juga sanggup menghayatinya dalam kehidupan nyata. Dan hal ini akan memungkinkan pserta didik dapat berkembang dan bertumbuh dalam iman sekaligus menjadi pelaku perubahan ke arah yang positif di tengah masyarakat. 

Untuk melihat Alur Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Katolik Fase F kelas XI dapat DILIHAT DAN DOWNLOAD DI SINI

Demikian sekilas tentang pemahaman tentang Alur Tujuan Pembelajaran Fase F kelas XI untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti. Kiranya bisa dijadikan sebagai referensi untuk penyusunan ATP di satuan pendidikan masing-masing. Kami menyadari jika Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) yang dibagikan di sini masih butuh penyempurnaan lebih lanjut. Kami selalu terbuka terhadap kritik dan saran.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Alur Tujuan Pembelajaran Agama Katolik Fase F (Kelas XI)"

Posting Komentar